PROSES MENTORING DALAM BISNIS KELUARGA BUDAYA BALI

Ni Wayan Diah Darmayanti, Tony Antonio

Abstract


Bisnis keluarga adalah bisnis yang dimiliki dan dijalankan oleh keluarga, atau mayoritas sahamnya dimiliki keluarga. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena dimana family business untuk bertahan lintas generasi terutama pada proses suksesi kepada generasi penerus. Proses mentoring menjadi hal yang penting untuk regenerasi bisnis keluarga. Budaya mentoring dalam bisnis keluarga dari setiap etnis akan berbeda karena pengaruh dari tradisi, agama, dan budaya setempat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses mentoring yang diterapkan dalam bisnis keluarga budaya Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan metode triangulasi sumber melalui wawancara kepada pakar, generasi senior, dan generasi penerus, penentuan ini menggunakan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukan proses mentoring dalam bisnis keluarga budaya Bali bersifat universal namun dalam beberapa tahap kurang maksimal. Aktivitas-aktivitas yang terjadi pada proses mentoring bisnis keluarga budaya Bali adalah menetapkan sasaran yang terukur, Mengklarifikasi suatu sasaran yang terukur, membangun cara yang membuat mentee dapat bertanggung jawab, melatih penerapan mentoring dalam bisnis keluarga, dan mengikuti jejak sukses mentor dengan cara menceritakan kisah-kisah sukses, mengevaluasi kinerja generasi penerus, dan memberikan fasilitas kepada generasi penerus. Terdapat beberapa hal yang mencolok dari bisnis keluarga budaya Bali yaitu senioritas kuat.

Keywords


bisnis keluarga; budaya Bali; mentoring; regenerasi; suksesi

Full Text:

PDF

References


Adhiputra, M. W. (2016). Kewirausahaan Mandiri Perempuan Berbasis Kearifan Lokal dan Filosofi Hindu di Bali. JOURNAL of RESEARCH in ECONOMICS and MANAGEMENT (Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen) Volume 16, No. 2, .

Astawa, I. P. (2016). Studi Kasus Kewirausahaan Sosial Di Bali Dalam Pendekatan Konsepsual. Jurnal Bisnis dan Kewirahusahaan Vol 12 .

Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Distelberg, B. J., & Schwarz, T. V. (2015). Mentoring Across Family-Owned Business. Family Business Review 2015, Vol. 28(3) 193 –210 .

Duh, M., & Letonja, M. (2014). Knowledge Creation in Family Businesses and Its Importance for Building and Sustaining Competitive Advantage during and after Succession. Strategic Management and Business Policy, Faculty of Economics and Business, University of Maribor, Maribor, Slovenia .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635