EVALUASI GAYA KEPEMIMPINAN CEO OH MY CRAB DITINJAU DARI SITUATIONAL THEORY

  • Rahmat Yanuarsyah Firdaus Universitas Ciputra
  • Charly Hongdiyanto Universitas Ciputra
Keywords: Situational Theory, Kepemimpinan, Gaya Kepemimpinan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan CEO Oh My Crab ditinjau dari Situational Theory. Oh My Crab merupakan perusahaan yang bergerak di bidang food and beaverage, dan mempunyai spesialisasi di produk kepiting dan rajungan. Permasalahan yang dialami oleh Oh My Crab adalah tidak efektifnya gaya kepemimpinan CEO Oh My Crab sehingga menyebabkan tidak tercapainya target yang telah ditentukan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan wawancara semi-terstruktur sebagai metode pengumpulan data. Penulis menggunakan metode membercheck untuk menguji validitas dan reliabilitas dari hasil penelitian. Data yang telah didapat direduksi dan dianalisis untuk digunakan dalam evaluasi gaya kepemimpinan. Hasil penelitian ini adalah gaya kepemimpinan CEO Oh My Crab tidak efektif.

References

Addinsyah, MUH. (2017) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situational dan Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pada CV. Putra Nugraha Sentosa Mojosong), Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Edson, V., Nyasha, M, & Martin, C. (2014). Leadership Styles and Organizational Performance: A Case Study of LG Finances, Bindura, Zimbabwe.Journal of Innovative Research Development, 3(6), 145–151.

Hersey, P., & Ken Blanchard. (1974). So You Want to Know Your Leadership Style. Training and Development Journal.Retrieved March 30, 2016 from http://bipard-bih.nic.in/downloads/management/so%20you%20want%20to%20know%20your%20leadership%20style.pdf

Sutikno, sobry M. (2014). Pemimpin dan Kepemimpinan Lombok: Holistica Lombok.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Published
2019-02-15
Section
Articles