PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Rosiana Natalia Djunaedi, Lenny Gunawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja karyawan didalam bisnis para mahasiswa Universitas Ciputra angkatan 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik simple random sampling dalam pengambilan sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi IBM Universitas Ciputra angkatan 2014 yang merupakan anggota bisnis tetapi menduduki jabatan selain pemimpin (CEO) tidak termasuk bisnis keluarga dan bisnis yang dijalankan oleh satu orang yaitu sebesar 167 mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 118 mahasiswa program studi IBM Universitas Ciputra angkatan 2014. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang menggunakan skala likert dan analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikan yang didapatkan dari uji F < 0,05 dan uji t < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa gaya kepemimpinan demokratis (variabel bebas) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (variabel terikat) didalam bisnis mahasiswa program studi IBM Universitas Ciputra angkatan 2014.

Keywords


Gaya Kepemimpinan Demokratis; Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Abadi, R. (2016). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia dan Bisnis Menarik untuk Dijalankan di 2017. Retrieved April 1, from Cermati.com: https://www.cermati.com/artikel/pertumbuhan-ekonomi-indonesia-danbisnis- menarik-untuk-dijalankan-di-2017.

Adinata, U. W. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Motivasi, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan KJKS BMT Tamzis Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Entrepreneurship vol 9 no. 2. , 136-157.

Akbar, N. (2017). Tipe dan Gaya Kepemimpinan Pendidikan dan Dakwah. Jurnal Ilmu dan Teknik Dakwah Vol. 05 No. 09 , 41-62.

Ali, S. N., Harun, C. Z., & Djailani. (2015). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SD Negeri Lambaro Angan. Jurnal Administrasi Pendidikan , 116-127.

Barlian, N. A. (2017). Faktor Determinan Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja Karyawan di Klinik Husada Mulia Kabupaten Lumajang. Jurnal Ilmiah Ilmu Akutansi, Keuangan dan Pajak Vol.1 No.2 , 47-55.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635