ANALISIS STRATEGI PENETAPAN HARGA JUAL DITINJAU DARI HARGA POKOK PRODUKSI PADA PERUSAHAAN ALIFF CATERING

Abdul Rokhman Efendi

Abstract


Latar belakang utama penelitian ini adalah adanya kerugian yang dialami oleh Aliff Catering periode 2015 – 2016. Masalah yang ada pada aliff catering adalah penetapan harga pokok produksi dan bahan baku yang hanya menggunakan perhitungan dan penetapan harga berdasarkan pada asumsi, oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan cara dan metode penetapan harga pokok produksi serta harga jual yang tepat. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Proses pengambilan data pada penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur dan observasi. Metode penentuan subjek penelitian ini menggunakan purposive sampling yang terdiri atas dua pemilik bisnis sejenis dan satu ahli di bidang kuliner. Objek dari penelitian ini adalah penetapan harga pokok produksi dan harga jual pada nasi kotak Aliff Catering. Penelitian ini bertujuan mendapatkan metode penetapan harga pokok produksi dan harga jual terhadap produk nasi kotak Aliff Catering. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode penetapan harga pokok produksi yang digunakan adalah variable costing dan metode yang digunakan untuk harga jual nasi kotak Aliff Catering adalah competitive based pricing.

Keywords


Competitive Based Pricing; Harga Jual; Harga Pokok produksi; Variable Costing

Full Text:

PDF

References


Abadi, L. Y. (2016, april). Evaluasi Srategi Penetapan Harga Jual Dalam Bisnis Gourmet Land Cafe. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1, 112 - 117.

Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Jakarta: Prenadamedia.

Firmansyah. (2014). Akuntansi Biaya itu Gampang (1 ed.). Jakarta: Dunia Cerdas.

Halim, A., & Supomo, B. (2013). Akuntansi Manajerial (2 ed.). Yogyakarta: BPFE.

Harahap, D. A. (2015). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak Usus (PAJUS) Medan. juarnal keuangan dan bisnis, 231.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635