EVALUASI MOTIVASI KERJA INDIVIDU DALAM PROYEK BISNIS OH MY CRAB

Fahmi Jaya Yulfiansyah, Thomas Stefanus Kaihatu

Abstract


Motivasi kerja merupakan dorongan atau penggerak dalam individu untuk melakukan tujuan tertentu. Motivasi kerja individu Oh My Crab mengalami penurunan jika dibandingkan dengan awal terbentuknya bisnis ini. Motivasi kerja individu mengalami penurunan dikarenakan beberapa hal dalam proyek bisnis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan wawancara semi-terstruktur sebagai metode pengumpulan data. Informan pada penelitian ini berjumlah 3 orang yaitu, CEO Oh My Crab, CMO Oh My Crab, dan pakar SDM. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah penyebab menurunnya motivasi kerja karena tidak sebandingnya keuntungan proyek bisnis dengan apa yang telah dilakukan, menjalani bisnis hanya karena sebagai syarat kelulusan mata kuliah, dan jarak rumah antar anggota yang jauh dari rumah operasional mengakibatkan kurangnya tanggungjawab pada proyek bisnis. Oleh karena itu, motivasi kerja individu Oh My Crab perlu ditingkatkan agar kinerja proyek bisnis ikut meningkat.

Keywords


Evaluasi; Kinerja; Motivasi Kerja

Full Text:

PDF

References


Adi, Djoko., & Wiryokusumo, Iskandar. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: University Press.

Damayanti, Susilaningsih, dan Sumaryanti. (2013). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surakarta. Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 1, pp. 160.

Gondokusumo, S., & Sutanto, E. M. (2015). Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, dan Komitmen Organisasional Karyawan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Journal of Management and Entrepreneurship, Vol. 17 No. 2, pp. 196-206.

Maharjan, Sarita. (2012). Association between Work Motivation and Job Satisfaction of College Teachers. Administrative and Management Review, Vol. 24, No 2, pp. 50.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635