PROSES MEMBANGUN KEPERCAYAAN ORANG TUA DI PERUSAHAAN SUPER RASA JAYA

Carlina Wijaya, Agustiono2 Agustiono2

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai cara membangun kepercayaan orang tua pada perusahaan Super Rasa Jaya. yang dimana perusahaan tersebut merupakan perusahaan keluarga yang bergerak di industri roti. Jenis dari penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode wawancara dan observasi. Setelah mengumpulkan semua data yang dibutuhkan, kemudian penulis akan melakukan uji keabsahan data dengan metode member check, melalui interview kepada 6 informan yang merupakan entrepreneur. Dimana 4 diantaranya sudah melakukan suksesi kepemimpinan terhadap generasi penerusnya selama lebih dari 5 tahun. Sedangkan, 2 diantaranya merupakan pemilik dari perusahaan Super Rasa Jaya. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya bahwa pemilik (kepala generasi) dari perusahaan Super Rasa Jaya belum memiliki kerpercayaan terhadap calon generasi penerus. Untuk mendapatkan kepercayaan itu, calon generasi penerus harus bekerja sangat keras dan juga memberikan pembuktian hasil pekerjaannya untuk mendapatkan kepercayaan dari kepala generasi. Calon generasi penerus harus bisa menunjukkan kemampuannya dalam mengelola dan menata perusahaan, serta mampu menghasilkan berbagai variasi produk baru dan meningkatkan kualitas produksi. Sehingga, kepercayaan dari kepala generasi pun akan timbul.

Keywords


kepercayaan; reliability; keterbukaan; kompetensi; compassion

Full Text:

PDF

References


Adji, J. (2014). Pengaruh Satisfaction dan Trust Terhadap Minat Pembelian di Starbucks The Square Surabaya. Jurnal Strategi Pemasarpan, 2(1), 1-10.

Barrett, M. (2014). Theories to define and understand family firms.

Christina, C., Saputra, I. T. T., & Tjandrawibawa, P. (2016). Cognitive Trust di Dalam Bisnis Keluarga (Studi

Kasus pada PT Dharma Samudera Fishing Industries, Tbk).

CNN Indonesia. 2014. Survei PwC: 95 Persen Perusahaan di Indonesia adalah bisnis keluarga. Retrieved from

http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20141202100356-92-15176/pwc-95-persen-perusahaanindonesia-

adalah-bisnis-keluarga/

Erdem, F., & Atsan, N. (2015). Trust Based Relationships between Family Members and Long-Term

Employees of Family-Owned SMEs. International Business Research, 8(4), 223.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635