BAURAN PROMOSI PADA PERUSAHAAN SCHAARMA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MEREK

Ryan Ismail

Abstract


Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran promosi untuk meningkatkan kesadaran merek pada perusahaan Schaarma. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini melibatkan lima informan yaitu, tiga informan konsumen merek fashion lokal, satu orang pesaing pada bidang bisnis yang sama, dan satu orang ahli pemasaran pada bidang fashion. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Validitas dan reliabilitas data menggunakan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan Schaarma dapat menentukan bauran promosi yang sesuai digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek. Berdasarkan hasil analisis dengan informan wawancara, bauran promosi yang disarankan adalah acara dan pengalaman yaitu dengan mengikuti pameran; promosi penjualan seperti pemberian diskon pada event tertentu; pemasaran dari mulut ke mulut; pemasaran online interaktif dengan mengunggah foto di Instagram, pengiriman email ke konsumen yang berisi koleksi terbaru, promo yang sedang berlangsung dan penggunaan akun line; periklanan dengan bekerja sama dengan Instagram influencer atau artis yang memiliki banyak followers. Bauran promosi tersebut yang perlu dikembangkan dan dioptimalkan oleh perusahaan Schaarma untuk meningkatkan kesadaran merek.

Keywords


Promosi; Bauran Promosi; Kesadaran Merek

References


Arum Puspitasari, I., Sasongko., Eko Julianto, D. (2015). Implementasi Bauran Promosi Pada Usaha Clothing Jember Banget. Jurnal Administrasi Bisnis

Darmendra, P.M.A. (2014). Pengaruh Bauran Promosi Dan Lingkungan Ekonomi Internasional Terhadap Kinerja Pemasaran Ekspor Kabupateng Badung. Jurnal Buletin Studi Ekonomi, 19.

Dian Constantine,M., Suyadi,I., Yaningwati,F. (2016). Upaya Peningkatan Penjualan Melalui Bauran Promosi Pada PT.SUMBER CIPTA (Djarum) DSO Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 36.

Darna & Wardani, D.P. (2013). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pengambilan Produk Pembiayaan KPRPlatinum iB Pada Bank X Syariah Cabang Harmoni-Jakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12.

Kadir, I. (2016). Analisis Gaya Kepemimpinan Walikota Pada Sekretariat Daerah Kota Tidore Kepualauan. Jurnal Ecosystem, 16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635