PREFERENSI GAYA KEPEMIMPINAN DALAM PERUSAHAAN KELUARGA MAHKOTA ELEKTRONIK

Ricky Febrianto Afandi, Wendra Hartono

Abstract


Perusahaan keluarga atau family business adalah perusahaan yang akan diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Salah satu keunggulan perusahaan keluarga adalah sumber daya berupa pengetahuan yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya karena salah satu ciri khas dari perusahaan keluarga adalah cenderung memilih pemimpin penerus perusahaan yang merupakan anggota keluarga daripada merekrut pekerja profesional yang lebih kompeten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi gaya kepimpinan dari generasi pertama dan generasi kedua dalam perusahaan keluarga Mahkota Elektronik. Penelitian ini menggunakan narasumber yang terdiri dari 1 orang pakar akademisi dari universitas ciputra, 2 orang pemimpin perusahaan keluarga generasi pertama dan kedua dan 2 orang karyawan perusahaan keluarga. Penelitian ini menggunakan 2 gaya kepemimpinan sebagai tolak ukur. Penelitian ini menggunakan metode analisis triangulasi dari wawancara dengan para narasumber. Hasil analisis ini mendapati bahwa generasi pertama cenderung memiliki gaya kepemimpinan transformasional dan generasi kedua cenderung memiliki gaya kepemimpinan transaksional. Preferensi dari karyawan adalah gaya kepemimpinan transformasional karena dirasa lebih efektif dalam memberikan motivasi karyawan dalam bekerja secara maksimal.

Keywords


Perusahaan keluarga; gaya kepemimpinan; transaksional; transformasional

Full Text:

PDF

References


Agustina, H., & Kriwangko, P. (2016). Pengaruh Gara Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional terhadap Organizational Citizenship Behavior di Sushi Tei Galaxy Mall Surabaya.

Ardana, K., Mujiwati, W., & Utama, M. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Avianti, D. A., & Kartika, L. (2016). Analisis Quality of Work Life pada Generasi X dan Y Alumni Fakultas Ekonomi Dan Manajemen IPB. Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Awan, T. T. (t.thn.). Pengaruh Kepemimpinan Transaksional Terhadap Motivasi Kerja Karyawan.

Berraies, S., Yahia, K. B., & Hannachi, M. (2017). Identifying the Effect of Perceived Values of Mobile Banking Application on Customers: Comparative Study Between Baby Boomers, Generation X, and Generation Y. International Journal of Bank Marketing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635