PENGARUH MOTIVASI BERWIRAUSAHA, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS CIPUTRA

Feby Putri Candi, Trianggoro Wiradinata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui pengaruh motivasi, pendidikan kewirausahaan, dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Ciputra. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Ciputra jurusan International Business Management angkatan 2014 yang telah mengambil mata kuliah IBM Practice dengan nilai A yang berjumlah 176 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 122 mahasiswa. Teknik pengambilan data menggunakan data primer berupa kuisioner dan menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis linier berganda dengan menggunakan SPSS 22 untuk pengolahan data statistik. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah meliputi Motivasi Berwirausaha (X1), Pendidikan kewirausahaan (X2), Lingkungan Keluarga (X3) sebagai variabel independen dan Minat Berwirausaha (Y) sebagai variabel dependen. Berdasarkan hasil hasil analisis linear berganda didapatkan bahwa (1) motivasi berwirausaha, pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Ciputra, (2) Pendidikan kewirausahaan merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa Universitas Ciputra, (3) nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini adalah sebesar 0,495 sehingga variabel bebas dapat menjelaskan variabel terikat sebesar 49,5% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Keywords


Motivasi Berwirausaha; Pendidikan Kewirausahaan; Lingkungan Keluarga; Minat Berwirausaha

Full Text:

PDF

References


Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Hamidah, S., & Marini, C. K. (2014). Pengaruh Self-Efficacy, Lingkungan Keluarga, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Wirausaha Siswa Smk Jasa Boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 195-207.

Hisrich, R. D. (2014). Advanced introduction to entrepreneurship. Cheltenham: Edward Elgar.

Mopangga, H. (2014). Faktor Determinan Minat Wirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Trikonomika, 13(1), 78-90.

Ranto, D. W. (2016). Membangun Perilaku Entrepreneur Pada Mahasiswa Melalui Entrepreneurship Education. Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 79-86.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635