PENERAPAN SALURAN DISTRIBUSI PADA PERUSAHAAN PT. TIRTA MARWAH MANDIRI

Annisa Dewantari

Abstract


PT. Tirta Marwah Mandiri adalah perusahaan yang bergerak dibidang Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang berlokasi di Palopo, Sulawesi Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan saluran distribusi pada perusahaan PT. Tirta Marwah Mandiri dalam upaya mengatasi keluhan dari pelanggan mengenai waktu pengiriman barang yang terlambat sehingga mempengaruhi performa perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah satu orang reseller perusahaan, satu orang konsumen, satu orang manajer umum perusahaan, dan satu orang ahli saluran distribusi. Penelitian ini menggunakan empat kriteria yang digunakan sebagai indikator evaluasi penerapan saluran yaitu biaya distribusi, cakupan pasar, layanan pelanggan, dan komunikasi. Hasil dari penelitian ini adalah perusahaan perlu menghitung kembali biaya yang dikeluarkan untuk mengefesiensikan biaya, memperluas area distribusi, menambah armada untuk mempercepat waktu pengantaran, memperbaiki komunikasi dengan pelanggan serta memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan.

Keywords


saluran distribusi; biaya distribusi; cakupan pasar; layanan pelanggan; dan komunikasi.

Full Text:

PDF

References


Andrejic, Milan. & Kilibarda, Milorad. (2014). Distribution Channels Selection Using PCA-DEA Approach. International Journal for Traffic and Transport Engineeing, 5(1), 74-81

Badan Pusat Statistik. (2014, February 18). Retrieved August 10, 2017, from https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1274

Bungin, Burhan. (2013). Meteodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Chief Economist Mandiri. (2015). Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Industry Update Mandiri , 11, 1-4. Kodrat, David Sukardi. (2009). Manajemen Distribusi Old Distribution Channeel and Postmo Distribution Channel Approach Berbasis Teori dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principle of Marketing (15 edition ed.). London: Pearson.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635