STUDI KELAYAKAN UNTUK PENGEMBANGAN BISNIS POSSO BELENZO

Tarina Anggraeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kelayakan pengembangan bisnis Posso Belenzo ditinjau dari aspek pasar dan pemasaran, aspek hukum, aspek teknis dan teknologi, aspek manajemen dan sumber daya manusia, dan aspek keuangan dengan proyeksi selama 3 tahun kedepan.Aspek pasar dan pemasaran ditinjau dari STP, marketing mix dan penentuan strategi dari analisis SWOT. Penggunaan STP dan marketing mix agar dapat menentukan strategi pada analisis SWOT. Aspek hukum ditinjau dari kesiapan perusahaan dalam mempersiapkan dokumen perizinan dan pendaftaran merk dalam proyeksi 3 tahun. Dokumen yang dibutuhkan adalah NPWP,SIUP,TDP dan Akte Pendirian Perusahaan. Aspek teknis dan teknologi ditinaju dari penbuatan SOP perusahaan, memiliki website yang sudah dapat diakses dan dapat membuat perencanaan showroom dalam proyeksi 3 tahun ke depan. Website yang sudah dapat diakses dimaksud syarat minimal, karena dengan website tersebut dapat diakses maka perusahaan dapat mengembangkan website itu lebih baik lagi. Aspek manajemen dan sumber daya manusia ditinjau dari dapat menganalisa deskripsi pekerjaan,spesifikasi pekerjaan,kompensasi dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk perusahaan Posso Belenzo. Aspek keuangan ditinjau dari perhitungan Payback Period, Net Present Value, IRR dan analisis skenario. Analisis skenario dilihat dari skenario normal, skenario optimis dan skenario pesimis. Perusahaan minimal berada di skenario normal atau skenario optimis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perusahaan Posso Belenzo memenuhi kriteria kelayakan dan bisnis ini layak untuk dijalankan.

Keywords


Studi Kelayakan Bisnis; Aspek Pasar dan Pemasaran; Aspek Hukum; Aspek Teknis dan Teknologi; Aspek Manajemen dan Sumber Daya Manusia; Aspek Keuangan

Full Text:

PDF

References


Admin. (2015, Mei 10). Prosedur Pendaftaran Merek. Dipetik Agustus 31, 2017, dari Startup HKI : https://startuphki.com/prosedur-pendaftaran-merek/

Amaliapranata. (2014, Agustus 3). Pengguna Interet Muda Surabaya. Diambil kembali dari Kaskus : https://www.kaskus.co.id/thread/53a6d7e196bde2a7a8b46e2/pengguna-internet-muda-surabaya-infografik/

Fahmi, I. (2014). Studi Kelayakan Bisnis dan Kepatuhan Investasi. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Kasmir, & Jakfar. (2012). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta : Prenada Media Group.

Kinasih, R. (2016, Juli 22). A Quick Roadmap to The Evolution of Telcos in Indonesia. Dipetik Agustus 18, 2017 dari E-commerec Iq Asia : https//ecommerceiq.asia/telcos-in-Indonesia-ecommerce-evolution/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635