EVALUASI KUALITAS PRODUK PADA USAHA KREASI GEMILANG

Stephilia Fransiska

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas produk pada usaha Kreasi Gemilang. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara semi terstruktur yang dilakukan kepada enam orang informan, yang terdiri dari 3 orang konsumen Kreasi Gemilang, 2 orang internal perusahaan, dan 1 orang ahli di bidang makanan. Uji validitas menggunakan uji kredibilitas dengan metode triangulasi sumber. Pada penelitian ini, kualitas produk diukur menggunakan sembilan indikator, yaitu warna, penampilan, porsi, bentuk, temperatur, tekstur, aroma, tingkat kematangan, dan rasa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kentang goreng Kreasi Gemilang perlu dilakukan perbaikan untuk pengembangan usaha kedepannya, seperti menambah varian porsi sehingga konsumen bisa membeli sesuai dengan kebutuhan konsumen dan bumbu menjadi lebih banyak, menambah varian rasa bumbu kentang goreng Kreasi Gemilang agar konsumen tidak bosan dan mengganti bumbu dengan kualitas yang lebih baik, untuk mendapatkan tekstur yang baik bisa dilakukan dengan belajar dan memperhatikan proses produksi,agar penampilan kentang goreng Kreasi Gemilang bisa menarik maka harus dilakukan pengecekan sebelum disajikan pada konsumen apa ada yang gosong atau tidak, beriminyak atau tidak dan mengganti packaging menjadi lebih baik, dan Kreasi Gemilang harus memiliki standar perusahaan dalam memproduksi kentang goreng agar kualitas yang dihasilkan bisa maksimal dan tidak mengecewakan konsumen.

Keywords


porsi; rasa; tekstur; penampilan; tingkat kematangan.

Full Text:

PDF

References


Adinugraha, A., & Handojo, S. M. (2015). Analisa Pengaruh Kualitas Makanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen D'Cost Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa Vol.3 No.2, 3, 643-655.

Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kalitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Arifin, J. (2017). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Bungin, B. (2014). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Diza, F., Moniharapon, S., & Igi, I. W. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada PT.Fifgroup Cabang Manado). EMBA Vol.4 No.1, 109-119.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635