EVALUASI PROMOTION MIX PADA ALIFF CATERING

Faiz Fairuz Dzulfiqar, Christina Yanita Setyawati

Abstract


Aliff Catering adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang food and beverages. Permasalahan yang dialami adalah penerapan kegiatan promosi telah dilakukan oleh Aliff Cathering, akan tetapi penjualan tidak mengalami peningkatan sehingga pendapatan semakin menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi promotion mix yang diterapkan pada Aliff Cathering. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara pada penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Subjek penelitian sebanyak lima orang, dua orang pesaing dan tiga orang konsumen Aliff Catering. Evaluasi yang dilakukan berdasarkan data yang diperoleh melalui wawancara. Hasil evaluasi promotion mix dari Aliff Catering ditinjau dari delapan indikator bauran promosi yang telah dilakukan oleh Aliff Catering, yang dari kedelapan bauran promosi yang telah dilakukan oleh Aliff Catering menunjukkan bahwa hanya lima bauran yang telah dilakukan dengan Aliff catering yaitu word of mouth, event and experience, online marketing dan sales promotion. Personal selling, tidak dilakukan oleh Aliff Catering karena tidak sesuai dengan kriteria Aliff Catering. Direct marketing, yang telah dilakukan oleh Aliff Catering dirasa mengganggu konsumen menyebabkan Aliff Catering untuk kedepannya akan menghentikan alat pemasaran, hal ini berdasarkan wawancara dengan konsumen yang menyatakan terganggu dengan cara pemasaran ini. Public relation, berdasarkan wawancara dengan konsumen yang sekaligus menjadi warga di lingkungan jarang mengetahui kontribusi Aliff Catering. Advertising, yang dilakukan oleh Aliff Catering lebih memfokuskan pada dua kegiatan promosi yaitu, kartu nama dan brosur.

Keywords


Bauran Promosi; Evaluasi

Full Text:

PDF

References


Dewi, N. P., Yusuf, R. P., & Parining, N. (2015). Analisis Bauran Promosi Kopi Luwak di UD Cipta Lestari Desa Pujungan Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan. Program Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Udayana

Familmaleki, Aghighi, & Hamidi. (2015). Analyzing The Impact Of Promotion Mix On Customer's Purchase Decision. Vibiznews-Sales&Marketing.

Fikriawan, S. (2013). Analisis Strategi Promotion Mix dalam Menciptakan Word Of Mouth Communication (Studi Kasus di Insuri Ponorogo). Fakultas Syariah STAIN Ponorogo.

Kotler, P., & Armstrong. (2012). Principles of Marketing. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran, Vol. 13. Jakarta: Penerbit Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635