UPAYA OPTIMALISASI PENGGUNAAN INSTAGRAM PADA BISNIS STAY APPAREL

Noni Yanti, Carolina Novi Mustikarini

Abstract


Sukses menjadi aplikasi yang diminati banyak pengguna, Instagram menjadi sosial media yang mempunyai banyak peluang untuk berbisnis oleh para penggunanya. Instagram dimanfaatkan sebagai media komunikasi pemasaran. Berdasarkan fenomena tersebut, Peneliti ingin melakukan optimalisasi penggunaan instagram dengan melakukan benchmarking pada distro-distro yang terkenal di Surabaya yang menggunakan instagram sebagai media penjualan dan pemasarannya..Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya optimalisasi penggunaan instagram pada bisnis Stay Apparel. Metode yang digunakan dalam peneleitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan analisis deskriptif. Narasumber dalam penelitian ini adalah tiga orang yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Responden pada penelitian ini dilakukan pada distro-distro di Surabaya yang menggunakan Instagram sebagai media pemasarannya yaitu Ouval Research, Cosmic, dan Garlick. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara personal dan observasi partisipatif pasif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Instagram sangat efektif untuk kegiatan pemasaran dan paling diminati. Ada beberapa strategi yang dapat di benchmark oleh Stay Apparel yaitu, terkait dengan dimensi sales promotion adalah mengadakan kuis dan kontes foto, dan terkait dengan dimensi advertising yang perlu Stay Apparel aplikasikan dalam bisnis adalah Instagram sponsor dan endorsement. Serta fitur-fitur di Instagram semisal tagar, arroba, penandaan lokasi dan komentar juga perlu diperhatikan untuk meningkatkan kualitas layanan.

Keywords


Instagram; Benchmarking; Promosi

Full Text:

PDF

References


Ali, Hasan. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Armstrong & Kotler 2015, “Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth edition” , England : Pearson Education, Inc.

Ahmad, Anwar. 2017. Jurnal: Pengembangan Media Sosial dalam Pelayanan

Library 2.0 di Perpustakaan Akademi Keperawatan Notokusumo Yogyakarta

Fajrina, H. N. (2016, Juni 27). Ada 22 Juta Pengguna Aktif Instagram dari Indonesia. Retrieved from CNN Indonesia: http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160623112758-185- 140353/ada- 22-juta- pengguna-aktif-instagram-dari-indonesia/.

Atiko, Gita. 2016. Jurnal: Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementrian RI. Bandung: Universitas Telkom


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635