EVALUASI VALUE PROPOSITION DITINJAU DARI CUSTOMER PROFILING, VALUE MAPPING DAN FIT PADA PERUSAHAAN CAHAYA PUTRA BERJAYA

Elfrad Brian Gunawan, Fransisca Desiana Pranatasari

Abstract


Industri otomotif memiliki perkembangan yang pesat dan memberikan dampak yang cukup besar bagi perekonomian di Indonesia. Peluang tersebut dimanfaatkan oleh Cahaya Putra Berjaya untuk membangun perusahaan yang bergerak di bidang otomotif dan mengeluarkan produk sabun cuci mobil tanpa air (Glaive Waterless Car Wash). Glaive Waterless Car Wash sendiri memiliki value proposition yang dapat bermanfaat bagi konsumen, yaitu kepraktisan dalam mencuci mobil karena dapat mencuci mobil dimana saja dan kapan saja, selain itu tidak harus repot menggunakan air dan memiliki harga yang terjangkau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi value proposition pada produk Glaive Waterless Car Wash, hasil dari evaluasi ini akan digunakan perusahaan Cahaya Putra Berjaya untuk dapat memperbaiki kelemahan dan meningkatkan kekuatan yang telah ada. Cara melakukan evaluasi pada penelitian ini menggunakan metode dari Alexander Osterwalder yaitu customer profiling, value mapping dan fit. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara secara langsung kepada enam narasumber secara semi-terstruktur. Hasil dari penelitian ini adalah perusahaan Cahaya Putra Berjaya selama ini hanya sebatas problem-solution fit saja, dimana hanya bisa menjawab kebutuhan konsumen saja. Perusahaan Cahaya Putra Berjaya mendapatkan banyak masukan dan kritik dari beberapa sumber informan dan perusahaan sejenis yang dapat digunakan untuk bisa mengembangkan perusahaan Cahaya Putra Berjaya menjadi lebih baik lagi.

Keywords


evaluasi; value proposition; value; waterless; car wash

Full Text:

PDF

References


bps.go.id. Tabel Pertumbuhan Kendaraan di Indonesia. https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/ 1133. Diakses tanggal 7 September 2017

Fathoni, A. (2016). Monitoring dan Evaluasi Program Pengembangan Karier Fungsional Guru Pada Tiga Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Sukoharjo.

França, C. L., Broman, G., Robèrt, K. H., Basile, G., & Trygg, L. (2017). An Approach to Business Model Innovation and Design For Strategic Sustainable Development. Journal of Cleaner Production, 140, 155-166.

Hidayat, D., Suci, A. K., & Saliha, G. K. (2016). Market Segmentation, Customers, and Value Propositions Analysis for Polymer Clay Art Business Start-Up. Binus Business Review, 7(1), 89-9

Osterwalder, A., et al., (2014) Value Proposition Design. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635