PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERUSAHAAN KREASI GEMILANG

  • Weily Karuna Hartawan Agung Universitas Ciputra
Keywords: keputusan pembelian, produk, harga, promosi, tempat, bauran pemasaran

Abstract

Kreasi Gemilang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan, khususnya makanan ringan, yakni kentang goreng. Seiring berjalannya waktu, perusahaan ini mengalami stagnasi di bidang penjualannya. Perusahaan Kreasi Gemilang telah melakukan beberapa hal untuk mendorong pertumbuhan omset dan laba, namun tidak menghasilkan perubahan. Oleh karena itu, penulis mencoba melakukan penelitian yang dapat membantu penjualan dari Kreasi Gemilang ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian perusahaan Kreasi Gemilang. Penelitian ini dijalankan dengan mengambil sampel dari 84 orang konsumen Kreasi Gemilang yang berdomisili di Surabaya selama tahun 2017. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran yaitu produk, harga, promosi, dan tempat berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

References

Badan Pusat Statistik Surabaya. (n.d.). Badan Pusat Statistik Surabaya. Retrieved 2017, from Badan Pusat Statistik Surabaya: surabayakota.bps.go.id.

Berita Jawa Timur. (n.d.). Berita Jawa Timur. Retrieved 2017, from Berita Jawa Timur: beritajatim.com.

Bungin, H. M. B. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Djohan, A. J. (2016). Manajemen & Strategi Pembelian. Malang: Media Nusa Creative.

Kotler, P & Armstrong, G. (2012). Principles Of Marketing. England: Pearson.
Published
2018-10-22
Section
Articles