DESAIN STRATEGI PROMOSI BERBASIS ONLINE UNTUK BRAND LURIQUE

Nuraini Putri Sholeha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan desain strategi promosi berbasis online untuk brand LURIQUE. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan kepada satu anggota brand LURIQUE, tiga konsumen potensial LURIQUE dan dua pakar online promotion. Uji validitas dan reliabilitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Indikator analisis yang digunakan adalah empat faktor yang menjadi kriteria online promotion yang baik, yaitu konteks, komunikasi, kolaborasi dan koneksi. Analisis tersebut digunakan untuk membantu peneliti merumuskan strategi promosi online baru yang relevan dengan kondisi bisnis LURQIUE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LURIQUE mendapat penjelasan yang lebih detail mengenai pengaplikasian keempat faktor yang menjadi kriteria online promotion. Konteks harus diperbaiki dengan menambah variasi konten di media sosial LURIQUE. Media komunikasi yang sesuai untuk digunakan adalah instagram, facebook dan marketplace. Melakukan kolaborasi dengan influencers yang memiliki image yang sesuai dengan brand value LURIQUE dan kolaborasi dengan brand fesyen lain yang merupakan produk non-etnik. Menjalin koneksi yang baik dengan konsumen potensial dan influencer yang bekerjasama dengan LURIQUE dengan membuat sistem kerjasama yang mampu menguntungkan kedua belah pihak yang terlibat dalam proses promosi online LURIQUE.

Keywords


Bisnis Online; Promosi Online; Strategi Promosi

Full Text:

PDF

References


Andriyanto, D. S., Suyadi, I., & Fanani, D. (2016). Pengaruh Fashion Involvement dan Positive Emotion terhadap Impulse Buying (Survey pada Warga Kelurahan Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). JurnalAdministrasi Bisnis, 31(1), 42-49.

APJII, P. U., & PUSKAKOM UI, P. K. (2015). Profil Pengguna Internet Indonesia 2014. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, Jakarta, Indonesia.

Bungin, B, H, M. (2013) Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi. Jakarta. Prenamedia Group.

Diana, N., Mandey, S. L., & Jorie, R. J. (2017). Analisis Pengaruh strategi produk, harga, promosi, saluran distribusi terhadap loyalitas konsumen(studi kasus pada koran Radar Manado). Jurnal Riset Ekonomimanajemen, bisnis dan akuntansi, 5(2).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012.) Principles of Marketing. (Edisi 14). United States of America. Pearson.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635