FAKTOR-FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN START-UP BISNIS DI UNIVERSITAS CIPUTRA

Michael Anderson Irawan, Christina Yanita Setyawati

Abstract


Universitas Ciputra merupakan salah satu perguruan tinggi di Surabaya yang menerapkan pendidikan entrepreneurship dalam kegiatan pembelajaran di setiap fakultas masing-masing. Setiap mahasiswa diwajibkan untuk membangun suatu start-up bisnis baik secara individu maupun berkelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penentu keberhasilan start-up bisnis di Universitas Ciputra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode member check. Terdapat lima informan dalam penelitia nini yang terdiri dari tiga informan owner start-up bisnis mahasiswa Universitas Ciputra dan dua informan dosen fasilitator start-up bisnis Universitas Ciputra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menjadi penentu keberhasilan start-up bisnis mahasiswa Universitas Ciputra adalah role model, dukungan, dan pendidikan. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang paling menentukan dari ketiga faktor penentu keberhasilan start-up bisnis di Universitas Ciputra adalah pendidikan.

Keywords


Entrepreneur; Faktor Keberhasilan; Start-up bisnis

Full Text:

PDF

References


BPS. (2016). Jumlah Perusahaan Industri Mikro dan Kecil menurut Provinsi, 2013-2015. Retrieved from https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1004. Diakses pada tanggal 7 Agustus 2017.

Depkop. (2017). Ratio Wirausaha naik menjadi 3,1%. Retrieved from http://www.depkop.go.id/content/read/ratio-wirausaha-indonesia-naik-jadi-31-persen/. Diakses pada tanggal 7 Agustus 2017.

Dharmawati, D. M. (2016). Kewirausahaan (Ed.1, Vol. I). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Joewono, H. (2013). The 5 Arrows of New Business Creation Entrepreneurship (Vol. III). Jakarta: Arrbey.

Kurniawati, E. D. (2015). Kewirausahaan Industri (Ed.1, Vol. 1). Yogyakarta: CV Budi Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635