PENGARUH PROMOTION MIX TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN STRAP

Aldo Antonius Tantono

Abstract


Leather King adalah sebuah perusahaan yang berdiri di industri kreatif dan memiliki produk utama yaitu strap jam tangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh 6 dari 8 variabel bauran promosi terhadap minat beli konsumen strap, agar bisa diterapkan pada perusahaan Leather King. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah simple random sampling pada 100 orang yang gemar terhadap strap dengan membagikan kuisioner kepada para responden melalui google form. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel bauran promosi yang diteliti berpengaruh secara signifikan positif terhadap minat beli konsumen strap. Pada penelitian ini ditemukan bahwa konsumen peduli akan informasi yang mudah dimengerti diberikan pada sebuah iklan strap, dari variabel promosi penjualan ditemukan bahwa kupon adalah bentuk promosi penjualan yang mendapat perhatian responden, dari acara dan pengalaman pemilihan tempat menjadi hal yang penting yang memengaruhi minat beli, sedangkan pada pemasaran langsung hal yang menjadi sorotan adalah kecepatan dan efisiensi, untuk pemasaran mulut ke mulut, rekomendasi orang lain menjadi hal yang paling berpengaruh dan untuk variabel penjualan personal, kualitas presentasi berpengaruh paling besar pada minat beli konsumen. Hasil menunjukkan bahwa advertising, sales promotion, event and experience, direct marketing, word of mouth dan personal selling berpengaruh signifikan terhadap minat beli.

Keywords


promosi; bauran promosi; minat beli; strap

Full Text:

PDF

References


Assauri, P. D. (2012). Strategic Marketing : Sustaining Lifetime Customer Value (1st ed). (R.F. Assauri, H.S. Nasution, D.S. Assauri, & D. Nurhasman, Eds.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dewi, D. R., M, M. M., & P, P. D. (2015). Pengaruh Word of Mouth, Tingkat Pendapatan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Yang Berdampak Pada Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Kasus pada Produk Bandeng Juwana Erlina Semarang). Journal of Management, Vol 1, No1, 1-19.

Ering, M. C., & Pandowo, M. (2015). Analysis of Marketing Communication and Its Effect on Consumer Purchase Intention of Gold Metal At PT. Pegadaian (Persero) Manado Utara Branch. Jurnal EMBA Vol.3 No.2, 776-786.

Faesol, A. (2014). Efektivitas Diskon dan Hadiah sebagai Sarana Promosi Penjualan untuk Menarik Niat Beli Konsumen pada Bumbu Magic Lezat. Jurnal Manajemen Bisnis Vol.3, No.1, 44-53.

Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635