DAMPAK KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI PELANGGAN DALAM USAHA SAMBAL

Sanjaya Pranata Siswoyo

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, promosi, dan citra merek terhadap minat beli pada produk sambal Dapoer Kuno karena terlihat adanya masalah pada penjualan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas produk, promosi dan citra merek, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode simple jenuh dengan jumlah sample penelitian sebanyak 108 orang yang merupakan konsumen dari Dapoer Kuno. Kuisioner dikembangkan dari penelitian terdahulu yang membahas permasalahan yang serupa dengan tujuan menjamin validitas dan reliabilitas. Hipotesis akan diuji menggunakan analisis regresi linier berganda dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi dan citra merek berpengaruh secara signifikan sedangkan kualitas produk tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. Perusahaan Dapoer kuno akan melakukan perbaikan promosi sekreatif mungkin untuk menarik perhatian calon konsumen dan perusahaan Dapoer kuno akan memperluas tempat jangkauan penjualan agar produk Dapoer kuno menjadi lebih mudah didapat oleh konsumen.

Keywords


kualitas produk; promosi; citra merek; minat beli

Full Text:

PDF

References


A F., Fathoni, A., & Hasiholan, L. B. (2015). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Lemari Es Merek LG Di PT.Global Elektronik Banyumanik Semarang, 01(01).

Armstrong, G., Kotler, P., Harker, M., & Brennan, R. (2012). Marketing: an introduction.Pearson Prentice-Hall.

London

BPS Indonesia (2016). Retrieved from https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/974

Dhio Rayen Rawung, S. G., & Sumarauw, J. S. (2015). Ananlisis Kualitas Produk, Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepedea Motor Suzuki pada PT. Sinar Galesong Pratama Manado Vol.3 No.3, Hal. 1298-1308. ISSN 2303-11.

Efendy, P. (2015). Analisa Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty di Restoran D’Cost Surabaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635