PERANCANGAN STRATEGI MARKETING MELALUI SOSIAL MEDIA MENGGUNAKAN METODE QSPM PADA PERUSAHAAN PRISMATIC PHOTOGRAPHY

Vania Clearesta, Charly Hongdiyanto

Abstract


Pemasaran adalah adalah salah satu aktivitas yang penting untuk dilakukan suatu perusahaan untuk mempublikasikan perusahaan tersebut, dan memberi edukasi kepada masyarakat mengenai barang atau jasa yang ditawarkan. Berawal dari penggunaan sosial media berupa instagram untuk membantu pemasaran jasa perusahaan Prismatic Photography, tetapi media sosial tersebut tidak membuahkan hasil yang cukup signifikan dan tidak membuat peningkatan perolehan jumlah klien pada perusahaan. Media sosial dipilih sebagai sarana pemasaran perusahaan karena melihat tingginya pengguna media sosial saat ini. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk merancang strategi pemasaran baru yang dapat berguna untuk perusahaan Prismatic Photography, dengan menggunakan metode QSPM. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis menggunakan matriks EFE, matriks IFE, matriks IE, matriks SWOT dan QSPM untuk menemukan alternatif strategi yang cocok untuk dilakukan perusahaan. Data dari penelitian ini didapat melalui metode wawancara, kuesioner, dan observasi. Hasil dari penelitian ini menciptakan 8 alternatif strategi pemasaran, dengan 3 prioritas strategi yang dapat dilakukan melalui sosial media, yaitu: 1) membuat paket-paket foto dengan harga miring, 2) membuat tren baru untuk fotografi tanpa patokan harga, dan 3) membuat kerja sama dengan perusahaan yang baru berdiri dengan harga khusus. Alternatif-alternatif strategi ini diharapkan dapat membantu mengembangkan perusahaan Prismatic Photography, serta membuat perusahaan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Keywords


Strategi; Pemasaran; Strategi Pemasaran; QSPM; Media Sosial

Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Pertama (Vol. Cetakan Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Amirullah. (2015). Manajemen Strategi : Teori, Konsep, Kinerja, Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Bungin, B. (2014). Metodologi Penleitian Kuantitatif, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Bungin, B. (2014). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Pubik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

David, F. R., & David, F. R. (2016). Manajemen Stratgeik : Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep, Edisi 15. Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635