PENGARUH PRODUCT KNOWLEDGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK NGOHIONG MEREK M&B

  • Kevin Renata Limoputro Universitas Ciputra
  • Gamaliel Waney Universitas Ciputra
Keywords: Product Knowledge, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Latar belakang penelitian berdasarkan dari hasil survey awal mengenai pengetahuan produk konsumen terhadap produk ngohiong dan kualitas produk yang ditawarkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh product knowledge dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk ngohiong merek M&B. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen ERAV dengan jumlah 68 orang. Penulis menggunakan teknik pengambilan sampling jenuh. Teknik pengambilan data menggunakan data primer berupa kuesioner dan mengunakan skala likert. Data dianalisa secara kuantitatif dan metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah product knowledge (X1), kualitas produk (X2) sebagai variabel independen dan keputusan pembelian (Y) sebagai variabel dependen. Hasil uji F menunjukkan bahwa product knowledge dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel kualitas produk memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi menunjukkan nilai sebesar 0,483 atau 48,3% yang artinya bahwa variabilitas data keputusan pembelian yang dapat dijelaskan model regresi sebesar 48,3%. 51,7% variabilitas data keputusan pembelian tidak dapat dijelaskan oleh model regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan ERAV dapat lebih fokus pada kualitas produk sebagai faktor utama keputusan pembelian konsumen.

References

Bruwer, J., Chrysochou, P., & Lesschaeve, I. (2017). Consumer involvement and knowledge influence on wine choice cue utilisation. British Food Journal, 119(4), 830-844. doi:10.1108/bfj-08-2016-0360
Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 23 (8th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunawan, I. (2016). Pengantar statistika inferensial. Jakarta, ID: Rajawali Pers.
Hanjaya, S. (2016). Pengaruh kualitas produk, pengetahuan produk dan keragaman menu terhadap keputusan pembelian Capra Latte. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(2), 181-190.
Kesuma, D. B. (2015). Analisis jenis material kemasan keripik gadung produksi kelompok usaha tani rekso bawono Prambanan. Retrieved from http://e journal.uajy.ac.id/id/eprint/9275
Published
2018-07-16
Section
Articles