EVALUASI KOMITMEN ORGANISASI PADA ANGGOTA DEMADI

Adi Kurnia Rachman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi komitmen organisasi pada usaha DEMADI, dengan menggunakan teori affective, continuous, and normative commitment’s. DEMADI merupakan usaha yang bergerak di bidang kuliner yang memiliki spesialisasi ayam goreng. Permasalahan yang terjadi pada usaha DEMADI adalah penjualan yang fluktuasi yang disebabkan oleh rendahnya komitmen dari anggota DEMADI. Penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif desktriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur. Uji kredibilitas yang digunakan dalam penelitian untuk mengecek keabsahan data yaitu dengan melakukan triangulasi dan membercheck analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan reduksi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa anggota dari usaha DEMADI memiliki komitmen organisasi yang rendah dari tiga dimensi yaitu affective, continuous, andnormativecommitment‟s.

Keywords


Komitmen Afektif; Komitmen Perpanjangan; Komitmen Normatif

Full Text:

PDF

References


Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data (First Edition ed.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kashefi, M. A., Adel, R. M., Abad, H. G., Aliklayeh, M. H., Moghaddam, H. K., & Nadimi, G. (2013). Organizational Commitment and Its Effects on Organizational Performance. INTERDISCIPLINARY JOURNAL OF CONTEMPORARY RESEARCH IN BUSINESS, 4.

Kurniawan, A. (2015). Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Oranizational Citizenship Behavior PT X Bandung. Jurnal Manajemen .

Kusumaputri, D. E. (2015). Komitmen Pada Perubahan Organisasi Dalam Perspektif Islam dan Psikologi. Yogyakarta: Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635