ALTERNATIF STRATEGI LOW COST BAGI PERUSAHAAN SAFE OUR PLANET

Timothy Setiadi

Abstract


Industri jasa merupakan salah satu industri yang mengalami perkembangan yang pesat dan meningkatkan minat masyarakat untuk mendirikan perusahaan binatu di Indonesia yang telah mencapai angka 16% dalam jangka empat tahun terakhir. Bedasarkan karakteristik usaha binatu, Komposisi biaya yang dikeluarkan usaha binatu adalah biaya variabel dan biaya tetap. Hal ini tidak lepas dari adanya kemungkinan kenaikan biaya UMR pada tahun demi tahun sehingga usaha binatu berusaha untuk mengefisienkan biaya dalam menekan biaya produksi dan operasi.Safe Our Planet (SOP) adalah usaha yang bergerak dalam bidang bahan kimia dan olahan bahan kimia dengan inovasi menggunakan Sodium Tri PolyPhosphate (STPP) yang ramah lingkungan pada deterjen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana strategi yang bisa dilakukan oleh SOP untuk dapat menerapkan strategi biaya rendahsehingga bisa menjadi pemimpin pasar di Surabaya Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara mendalam kepada pemilik binatu, kompetitor cairan pembersih serta ahli kimia IBL Center, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam usaha menjadi biaya rendah dibutuhkan alternatif strategi dengan mengenal biaya bahan baku, pertimbangan transportasi, biaya kemasan produk, dan kuantitas. SOP akan melakukan riset produk, menggunakan website online, penukaran kemasan, pembelihan bahan baku grosir, dan perencanaan produksi.

Keywords


Strategi alternatif; strategi biaya rendah; strategi diferensiasi; strategi marketing hijau

Full Text:

PDF

References


Ardhan, J. D., & Hatane, S. E. (2015). Analisa Pengaruh Intellectual Capital dan Inventory Turnover terhadap Profitabilitas Perusahaan. journal Akuntansi Bisnis, 59-60.

Arseculeratne, D., & Yazdanifard, R. (2014). How Green Marketing Can Create a Sustainable Competitive. International Business Research, 131-137.

Arvianto, A., Sari, D. P., & Olivia, G. (2014). Pemilihan Strategi Pemasaran Pada PT. Nyonya Meneer Dengan Menggunakan Pendekatan Metode Analytical Network Process (ANP) dan Technique for Order Preference by Similarity to an Ideal Solution (TOPSIS). jurnal Teknik Industri Vol IX, No 1, 41-42.

Bungin, H. M. (2013). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Czinkota, M. R., & Ronkainen, I. A. (2013). Internasional Marketing. South Western: Cengange Learning.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635