PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK STRAP LEATHER KING

Steven Christianto Putra

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berkembangnya dunia usaha industri fashion. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari elemen-elemen ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian strap Leather King. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari strap Leather King sebanyak 72 orang dengan sampel sebanyak 41 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan kusioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda yang diolah menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian ini semua variabel dari ekuitas merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, kecuali kesadaran merek yang berpengaruh negatif, disarankan pada pihak Leather King untuk dapat meningkatkan ekuitas merek agar calon konsumen maupun konsumen memilih Leather King sebagai merek utama ketika mencari dan membeli strap.

Keywords


kesadaran merek; persepsi kualitas; asosiasi merek; loyalitas merek; keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


AAaker, D. (2009). Managing Brand Equity. New York: The Free Press.

Aaker, D. (2014). Aaker on Branding. New York: Morgan James Publishing.

Abdillah, W., & Hartono. J. (2015). Partial Least Square (PLS) – Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Boonwanna, P., & Srisuwannapa, Srisuwannapa, C., & Rojniruttikul, N. (2014). Brand Equity Affecting Purchasing Decision Process if Doughnut from Departement Store in Bangkok.

Buil, I., & Martinez, E. (2013). The influence of brand equity on consumer responses. Journal of Consumer Marketing Vol. 30, No. 1, 62-74


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635