KEPEMIMPINAN YANG EFEKTIF UNTUK BISNIS IKATAN ABADI

  • Irwan Soegiarto Universitas Ciputra
Keywords: Kepemimpinan, Gaya Kepemimpinan, Gaya kepemimpinan Transaksional, Gaya Kepemimpinan Transfomrasional, Efektif

Abstract

Penelitian aspek kepemimpinan di Ikatan Abadi bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan seperti apa yang efektif untuk diterapkan dalam usaha Ikatan Abadi. Ikatan Abadi merupakan bisnis yang bergerak di bidang garmen dan sudah berjalan 3 tahun. Penelitian ini, berfokus pada gaya kepemimpinan transformasional dan gaya kepemimpinan transaksional yang dimana gaya tersebut sudah pernah diterapkan oleh CEO Ikatan Abadi. Subyek penelitian ini adalah anggota bisnis Ikatan Abadi, dimana anggota tersebut merupakan anggota yang terlibat dalam kegiatan bisnis Ikatan Abadi sehingga mengetahui dengan jelas dampak dari tiap gaya kepemimpinan yang sudah diterapkan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur dan dokumentasi data internal grup bisnis. Hasil dari penelitian ini adalah gaya kepemimpinan yang efektif adalah gaya kepemimpinan transformasional, yang dimana seorang pemimpin lebih menyediakan perhatian ke tiap indvidu, sehingga gaya ini sangat cocok diterapkan oleh seorang leader dari sebuah usaha start-up.

References

Anderson, M.H., Sun, P.Y.T. (2015). The Downside of Transformasional Leadership when Encouraging Followers to Network. 4-10
Ariesta, R. (2014). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan 1Transformasional dan Gaya Kepemimpinan Transaksional Terhadap Kinerja Karyawan. Semarang :
Budiwibowo, S. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transaksional, Transformasional Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru (Karyawan) Di Kota Madiun : Premiere Education, Volume 4 Nomor 2, Desember 2014, 119-132.
Hafizh, A. (2015). Youth Leadership. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Herdiansyah, H. (2013). Wawancara Observasi dan Fokus Groups Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press
Published
2018-07-02
Section
Editorial