PERAN MEDIASI KEPERCAYAAN TERHADAP HUBUNGAN KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN WARUNG SEGO PECEL ANANDA

Aditya Saputra, Carolina Novi Mustikarini

Abstract


Perkembangan kuliner di Indonesia berkembang sangat pesat. Perkembangan ini membuat persaingan semakin sengit yang menyebabkan pelanggan rentan beralih ke pesaing. Kesetiaan merupakan faktor yang membuat pelanggan setia terhadap produk kami. Kepuasan merupakan salah satu faktor yang dapat membuat pelanggan loyal, ada juga faktor lain yang dianggap dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, yaitu Kepercayaan. Studi yang berjudul "Peran Mediasi Kepercayaan Terhadap Hubungan Kepuasan dan Loyalitas pelanggan Warung Sego Pecel Ananda" bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran mediasi kepercayaan terhadap kepuasan hubungan dan loyalitas pelanggan pecel Ananda. Penelitian ini didasarkan pada keinginan peneliti sendiri dalam menjaga loyalitas dan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap pecel Ananda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan cara mengumpulkan data melalui kuesioner. Kuesioner tersebut dibagikan kepada pelanggan pecel Ananda yang kerap membeli produk pecel Ananda. Jumlah responden adalah 30 cutomers. Data diolah menggunakan PLS (Partial Least Square) melalui perangkat lunak efek mediasi WarpPLS. Hasil ini menunjukkan bahwa kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan untuk pecel Ananda, dan kepercayaan memiliki peran mediasi dalam hubungan kepuasan dan loyalitas. Kesimpulan penelitian ini membuktikan bahwa kepercayaan dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan dan loyalitas hubungan dengan pecel Ananda.

Keywords


Mediasi, Kepercayaan, Kepuasan, Loyalitas, Warung Sego Pecel Ananda

Full Text:

PDF

References


Af Hami, M. L., Suharyono, & Hidayat, K. (2016). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 81-89.

Ananto, R. (2014). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai (Studi Empiris pada PT DHL Forwarding Semarang Branch. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arzena, D. M. (2013). Pengaruh Kepuasan Atas Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Loyalitas Nasabah PT. BANK MANDIRI Tbk Cabang Muaro Padang. Padang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Bricci, L., Fragata, A., & Antunes, J. (2016). The Effects of Trust, Commitment and Satisfaction on Consumer Loyalty in the Distribution Sector. Journal of Economics, Business and Management.

Creswell, J. W. (2015). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, Enhanced Pearson eText -- Access Card, 5th Edition. Nebraska: Pearson. Kock, N. (2015). WarpPLS 5.0 User Manual. Texas: ScriptWarp Systems. Kotler, P., & Kotler, M. (2012). Market Your Way to Growth: 8 Ways to Win. California: Wiley.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635