EVALUASI MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK TERHADAP KEBERLANJUTAN BISNIS CAHAYA BINTANG PERKASA

Monica Vanessa Maramis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi motivasi intrinsik dan ekstrinsik terhadap kinerja anggota yang mempengaruhi keberlanjutan perusahaan. Hal tersebut dilakukan untuk kedepannya dalam menjalankan usaha. Permasalahan motivasi yang saat ini terjadi dapat dihilangkan atau diminimalisir. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan metode wawancara semi terstruktur,dan uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Informan pada penelitian ini adalah tiga anggota kelompok Cahaya Bintang Perkasa, satu anggota kelompok perusahaan yang serupa dan satu pakar sumber daya manusia, teknik pengambilan data menggunakan metode purposive sampling. Pembahasan evaluasi motivasi intrinsik dan ekstrinsik terhadap kinerja kerja anggota perusahaan difokuskan dengan empat faktor motivasi intrinsik yaitu capaian, pekerjaan itu sendiri, tanggung jawab dan pengembangan. Sedangkan untuk motivasi ekstrinsik difokuskan dengan tiga faktor yaitu kebijakan dan administrasi, hubungan antara pribadi dan gaji. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi motivasi dari anggota Cahaya Bintang Perkasa sangat kurang, hal-hal yang menyebabkan kinerja dari anggota menurun yaitu kurang adanya motivasi internal dan eksternal. Oleh karena itu masalah motivasi perlu diperbaiki kembali untuk meningkatkan kembali kinerja kerja dari setiap individu agar mendapat hasil kerja yang baik.

Keywords


Motivasi Intrinsik; Motivasi Ekstrinsik

Full Text:

PDF

References


Alimuddin. (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Produktivitas kerja karyawan pada PT. Putra Bintan Borneo Timur Di Samarinda. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(4), 795-805.

Ananto, S., Rahyuda, I. K., &Priartrini, P. S. (2016). Pengaruh Motivasi Terhadap kepuasan Kerja dan Intensi Keluar Pada Asisten Kursus Metode Kumon di Bali dan Lombok. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 5(9), 3057-3086.

Fernadi, A. D., Wahyu, D., & Hidayati, N. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ektrinsik Terhadap kinerja Karyawan Pada Perusahaan daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Bisnis dan Pembagunan, 5(2).

Ganta, V. C. (2014). Motivation In The Workplace To Improve The Employee Performance. International Journalof Engineering Technology, ManangementandAppliedSciences, 2(6), 2349-4476.

Gultom, D. K. (2014). Pengaruh Budaya Organisasi Perusahaan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Perusahaan Gas Negara (persero) Tbk Medan. Manajemen& Bisnis, 14(02).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635