TANTANGAN DAN PELUANG PENGEMBANGAN INDUSTRI ALAS KAKI: IMPLIKASI FLUX FOOTWEAR

  • Putri Rafika Dewi Universitas Ciputra
Keywords: Tantangan, Peluang, Industri Alas Kaki, Benchmark

Abstract

Industri kulit merupakan industri yang banyak pesaing karena semakin banyaknya masyarakat menyadari kualitas kulit yang terkenal tahan lama dan berkualitas bagus. FLUX Footwear merupakan usaha yang bergerak dibidang bisnis alas kaki dari kulit yang sulit untuk mengembangkan usahanya walaupun sering mengikuti pameran baik nasional maupun internasional. Hal ini mendorong perlunya mengetahui tantangan dan peluang dalam industry alas kaki khususnya usaha FLUX Footwear. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan dan peluang dalam pengembangan pengembangan industry alas kaki: implikasi pada FLUX Footwear. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode benchmark sehingga mengadakan wawancara terhadap 3 narasumber yang merupakan dua sister company dan satu ahli ilmu manajemen yang sekaligus seorang eksportir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan diperoleh pada sector pesaing, layanan dan sumber daya manusia. Sedangkan peluang bisa diperoleh dari sektor market, bahan baku dan citra perusahaan. FLUX Footwear harus memperhatikan beberapa sector diatas untuk membuat mengembangkan usaha sehingga bisa mendistribusikan produk di beberapa outlet maupun ekspor

References

Andi, Fahmi Lubis. (2012). Hukum Persaingan Usaha: Antara Teks dan Konteks. Jakarta: Creative Media.

Badan Pusat Statistik. (2017) Pertumbuhan Industri Manufaktur Besar dan Sedang. Availableat: https://bps.go.id/brs/view/id/1396 (Diakses: 8 March 2017).

Bhanot, N., &Singh, H. (2014). Benchmarkingtheperformanceindicatorsof Indian Railwaycontainerbusinessusing data envelopmentanalysis. Benchmarking: An International Journal, 21(1), 101-120.

Keller, Kevin Lane dan Kotler, Philip. (2012). Manajemen Management. 14th Edision. New Jerser: Pearson EducationLimited.

Kholmi, Masiyah dan Yuningsih. (2012). Akuntansi Biaya. Malang: UMM Press.
Published
2018-04-02
Section
Articles