CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Marsellia Tjondrokoesoemo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian berdasarkan variabel kepopuleran, kredibilitas, dan daya tarik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah warga Surabaya yang tinggal di Surabaya Barat, yang mengetahui tentang celebrity endorser. Jumlah sampel 100 responden yang didapat dari rumus Slovin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan secara acak pada pengunjung genap atau ganjil dari supermarket di Surabaya Barat. Data diukur dengan skala Likert dan diolah dengan menggunakan SPSS. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kepopuleran (X1), kredibilitas (X2), dan daya tarik (X3). Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kredibilitas dan daya tarik memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel kepopuleran tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keywords


Celebrity Endorser; Kepopuleran; Kredibilitas; Daya Tarik; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif Dalam Periklanan Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip. dan Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management.14th Edition. Prentice Hall : New Jersey. Kusumowardhani, Yuliandari Putri. 2012. Pengaruh Celebrity Endorser Dan Kredibilitas Perusahaan Terhadap Keputusan Menonton Konsumen. Martopo, Aditya Sulis. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul. Parmar, B. J. and Patel, R. P. (2014). A study on consumer perception for celebrity & non celebrity endorsement in television commercials for fast moving consumer goods. Global Business and Economics Research Journal, 3(2): 1-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635