PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HANASUI PADA MAHASISWI FEB UMPRI TAHUN 2024

Main Article Content

Desty Miftahul Jannah
Fatoni
Gusti Adi Pranoto Adi

Abstract

Hanasui merupakan merek lokal kosmetik produk dari PT Eka Jaya Internasional. Harga yang cukup murah dan promosi yang meluas membuat produk Hanasui banyak diminati kalangan wanita termasuk para mahasiswi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Hanasui. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif memakai analisis regresi linear berganda. Pengambilan sampel penelitian in menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Jumlah responden penelitian ini sebanyak 74 orang. Sampel yang dipakai adalah Mahasiswi Reguler Fakultas Ekonomi dan Bisnis dari Universitas Muhammadiyah Pringsewu. Penelitian ini menunjukan bahwa promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung >  ttable  (2,693 > 1,666). Harga  memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung > ttable (9,672 > 1,666). Hasil uji f menyatakan promosi dan harga berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap keputusan pembelian dengan nilai fhitung > ftabel (312,155 > 3,13). Hasil koefisien determinasi promosi dan harga secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian sebesar 89,5% sedangkan 10,5% dipengaruhi oleh variabel lain.


Hanasui merupakan merek lokal kosmetik produk dari PT Eka Jaya Internasional. Harga yang cukup murah dan promosi yang meluas membuat produk Hanasui banyak diminati kalangan wanita termasuk para mahasiswi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Hanasui. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif memakai analisis regresi linear berganda. Pengambilan sampel penelitian in menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Jumlah responden penelitian ini sebanyak 74 orang. Sampel yang dipakai adalah Mahasiswi Reguler Fakultas Ekonomi dan Bisnis dari Universitas Muhammadiyah Pringsewu. Penelitian ini menunjukan bahwa promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung >  ttable  (2,693 > 1,666). Harga  memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung > ttable (9,672 > 1,666). Hasil uji f menyatakan promosi dan harga berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap keputusan pembelian dengan nilai fhitung > ftabel (312,155 > 3,13). Hasil koefisien determinasi promosi dan harga secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian sebesar 89,5% sedangkan 10,5% dipengaruhi oleh variabel lain.

Article Details

How to Cite
Desty Miftahul Jannah, Fatoni, & Adi, G. A. P. (2024). PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HANASUI PADA MAHASISWI FEB UMPRI TAHUN 2024. PERFORMA, 9(3), 29–38. https://doi.org/10.37715/jp.v9i3.5087
Section
Articles

References

Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk. (B. Nasution, Ed.) Padangsidimpuan : PT Inovasi Pratama Internasional.

Carmelita, C. V., Dzulkirom , M., & Zahroh. (2017). Analisis Activity Based Costing System Dalam Penentuan Harga Pokok Produksi Gula Menentukan Harga Jual Gula. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.48, 1-10.

Daud, Z. U. (2018, November). Pengaruh Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Green Avina Birem Putong Langsa Baro. Manajemen dan Keuangan, 7, 174-183.

Gunawan, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Konsumen UMKM Ikan Lele di Desa Purwodadi Kecamatan Pagar Merbau. (Skripsi Sarjana, Unversitas Muhammadiyah Sumatra Utara).

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Hanika, I. M., Hasan, M., Utomo, K. P., . . . Triwardhani, D. (2021). Perilaku Konsumen. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Ismiatun, D., Budiatmo, A., & Prihatini, A. E. (2022). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Hangiri Banyumanik Semarang). Ilmu Administrasi Bisnis, 11, 764-773.

Marlius, D., & Jovanka, N. (2023, Februari). Pengaruh Hagra dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal Economina, Volume 2, 476 - 490.

Nasution, M. A. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Alat Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Dyza Sejahtera Medan. Warta.

Rosmitha, S. N. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Paket Internet Dalam Perspektif Ekonomi Islam. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).

Satriadi, Wanawir, Hendrayani, E., & Siwiyanti, L. (2021). Manajemen Pemasaran. Daerah Istimewa Yogyakarta: Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi. Andi.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrayani. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Kumala Celebes Motor (Mazda Makassar).(Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Makasar).

Ulandari, K., Sari, L. N., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Martabak Al-Fatih di Belitang. 41-50.

Uluwiyah, A. N. (2022). Strategi Bauran Promosi (Promotional Mix) dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. (B. Kurniawan, & S. Fatimah, Eds.) Papringan, Depok, Caturtunggal, Sleman, DI Yogyakarta.

Utama, P. A., & Marlena, N. (2021). Pengaruh Harga dan Promosi Penjualan Terhadap Keutusan Pembelian Bahana Kebutuhan Pokok di Indomaret Jalan Taruna No 40, Sritanjung, Wage, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Pendidikan Tata Niaga, 9, 1370-1376.