ANALISIS DIGITAL MARKETING MELALUI MEDIA PROMOSI INSTAGRAM @OZORAMICEANDEVENTORGANIZER

Main Article Content

Celvin Aditiya hermansah
Rachma Bhakti Utami

Abstract

OZORA Event & Tour Organizer menggunakan digital marketing yaitu Instagram sebagai alat pemasaran yang dianggap praktis. Tugas Akhir ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana peran pemasaran melalui digital marketing sebagai media promosi yang digunakan OZORA Event & Tour Organizer sehingga dapat mencapai target pasar dengan konten yang menarik. Teknik pengumpulan data dalam tugas akhir ini menggunakan kegiatan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasilnya dapat disimpulkan bahwa digital marketing yang dilakukan oleh OZORA Event & Tour Organizer  sejalan dengan teori Yazer Nasdini terkait indikator dalam penerapan yang digunakan dalam kegiatan digital marketing yaitu aksesibilitas, interaktivitas, hiburan, kepercayaan, hambatan, dan informatif. Dengan demikian, digital marketing melalui instagram memainkan peran yang krusial dalam kegiatan promosinya sehingga membantu OZORA Event & Tour Organizer mencapai audiens yang sesuai. Dari hasil tugas akhir, dapat diketahui bahwa proses analisis dari kegiatan digital marketing yang dilakukan terhadap akun Instagram OZORA Event & Tour Organizer  sudah berjalan dengan baik tetapi analisis ini juga menunjukkan beberapa instrumen digital marketing yang belum diterapkan seperti kegiatan Instagram ads. Oleh karena itu, penting bagi OZORA Event & Tour Organizer untuk melengkapi keseluruhan instrumen dari digital marketing agar lebih optimal dalam melakukan kegiatan pemasaran melalui media promosi Instagram.

Article Details

How to Cite
Aditiya hermansah, C., & Utami, R. B. (2024). ANALISIS DIGITAL MARKETING MELALUI MEDIA PROMOSI INSTAGRAM @OZORAMICEANDEVENTORGANIZER. PERFORMA, 9(3), 39–50. https://doi.org/10.37715/jp.v9i3.5062
Section
Articles

References

Andriansyah, T., & Karsa, S. I. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Sarana Promosi Screamous Clothing. Prosiding Manajemen Komunikasi, 88–93.

Aryani, M. (2021). Analisis Digital Marketing Pada Hotel Kila Di Kabupaten Lombok Barat Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 6(1), 22. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4085

Eriadisvi, E., & Taufiqurahman, E. (2023). Analisis Digital Marketing Dalam Penggunaan Aplikasi Instagram (Studi Kasus Akun Instagram @Vocasia). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(18), 224–233. https://doi.org/10.5281/zenodo.8312211

Fachry, F. (2020). Batik Karawang Di Ramayana Mall , Karawang the Influence of Pembelian Batik Karawang. Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(October).

Filus Fredik, T., & Indra Dewi, S. (2018). Analisis Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian. Jisip, 7(2), 84. www.publikasi.unitri.ac.id

Hidayati, F. W., Jhoansyah, D., Deni, R., & Danial, M. (2021). Jurnal Indonesia Sosial Sains. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(2), 230–240.

Mahmudah, S. M., & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.33366/jkn.v2i1.39

Priatama, R., Ramadhan, I. H., Zuhaida, A.-, Akalili, A., & Kulau, F. (2021a). ANALISIS TEKNIK DIGITAL MARKETING PADA APLIKASI TIKTOK (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 49–60. https://doi.org/10.21831/socia.v18i1.40467

Priatama, R., Ramadhan, I. H., Zuhaida, A.-, Akalili, A., & Kulau, F. (2021b). ANALISIS TEKNIK DIGITAL MARKETING PADA APLIKASI TIKTOK (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 49–60. https://doi.org/10.21831/socia.v18i1.40467

Putri, W. S. R., Nurwati, N., & S., M. B. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13625

Ramadan, A. (2021). Efektivitas Instagram Sebagai Media Promosi Produk “Rendang Uninam.” Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 5(1), 64–84. https://doi.org/10.29244/jskpm.v5i1.796

Salwa Az Zhahra Putri, & Acep Samsudin. (2023). Optimalisasi Sosial Media Marketing untuk Meningkatkan Konversi Penjualan pada Usaha Catering Rumahan. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(3), 165–170. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i3.1114

Setyowati, R. (2020). Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Pada PT. Vitapharm. Mini Riset, Universitas Islam Indonesia, 1–19. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/28279/17211058 Riza Setyowati.pdf?sequence=1

Tasruddin, R. (2015). Strategi Promosi Periklanan Yang Efektif. Jurnal Al-Khitabah, 2(1), 107–116.

Ubaidilah, M., & Widiarti, P. W. (2023). Pengaruh Terpaan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Akun Media Sosial Instagram @Promodazzle the Effect of Promotion Exposure on Consumer Buying Interest on Social Media of @Promodazzle’S Instagram Account. Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(3), 273–284. https://doi.org/10.21831/lektur.v5i3.19177