ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUKSI DALAM UPAYA MENGURANGI TINGKAT KERUSAKAN PRODUK PADA PERUSAHAAN JADOEL BAKERY

Yulinda Tanjaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui cara pengendalian kualitas di perusahaan Jadoel Bakery dalam upaya perbaikan produk agar tidak mudah rusak. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan dokumentasi data historis perusahaan dan mengumpulkan informasi dari pakar, perusahaan sejenis, dan konsumen Jadoel Bakery dengan melakukan kegiatan wawancara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode statistical process control (SPC) dengan tiga alat bantu yaitu peta kendali, diagram pareto, dan diagram sebab akibat. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa kerusakan produk yang terjadi adalah bagian kulit yang lembek dan rapuh dan permukaan yang keriput. Melalui penelitian ini, diketahui bahwa faktor penyebab kerusakan adalah tenaga kerja, material, mesin, dan metode. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti mendapatkan rekomendasi perbaikan dan telah melakukan uji coba sehingga masalah tersebut dapat diatasi. Hasil menunjukkan bahwa kerusakan produk dapat diatasi dengan mengubah komposisi bahan baku dan memperbarui proses pengolahan eggtart.

Keywords


statistical process control; peta kendali; diagram pareto; diagram sebab akibat

Full Text:

PDF

References


Devani, V., & Marwiji. (2014). Analisis Kehilangan Minyak pada Crude Palm Oil (CPO) dengan Menggunakan Metode Statistical Process C ontrol. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 13, No. 1, 28 - 42.

Fiani, M., & Japarianto, E. (2012). Analisa Pengaruh Food Quality dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep's di Kota Solo. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1, No. 1, 1-6.

Heizer, J., & Render, B. (2012). Operations Management: Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) |Vol. 3, No. 1, 1-22.

Sonalia, D., & Hubies, M. (2013). Pengendalian Mutu Pada Proses Produksi Di Tiga Usaha Kecil Menengah Tahu Kabupaten Bogor. Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol IV No2, 112-127.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635