ANALISIS ATRIBUT YANG MENJADI PREFERENSI KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK HOMDS TEH HIJAU

Stevanus Ardio Rahardjo

Abstract


Panca Sejahtera adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan distribusi teh yang memiliki produk teh celup dengan merk HOMDS, yaitu teh celup aroma vanili dengan tag berkarakter, dan saat ini Panca Sejahtera sedang mengembangkan produk HOMDS teh hijau. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kombinasi atribut apakah yang menjadi preferensi konsumen dalam memilih produk HOMDS teh hijau, dimana preferensi tersebut diukur dari atribut cara penyajian, rasa, dan jumlah isi dalam kemasan HOMDS teh hijau. Penelitian ini bertujuan mengetahui preferensi konsumen terhadap produk HOMDS teh hijau, yang diukur dari atribut cara penyajian, rasa, dan jumlah isi dalam kemasan HOMDS teh hijau, dimana hal tersebut menjadi dasar pertimbangan untuk mengembangkan produk HOMDS teh hijau.Populasi pada penelitian ini masyarakat kota Surabaya yang pernah mengkonsumsi segala jenis produk teh hijau dan yang tertarik untuk mengkonsumsi segala jenis produk teh hijau. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah convenience sampling, dimana penelitian ini mengambil sampel berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Peneliti mengambil sampel sebesar 70 responden berdasarkan berdasarkan Roscoe’s rule of thumb. Penelitian ini menggunakan analisis konjoin dimana terdapat 3 atribut dari HOMDS teh hijau yang menjadi variabel penelitian ini yaitu cara penyajian, rasa, dan ukuran dari HOMDS teh hijau. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa atribut yang menjadi preferensi konsumen dalam memilih produk HOMDS teh hijau adalah rasa dengan nilai kepentingan 23,437%; diikuti dengan atribut cara penyajian dengan nilai kepentingan 35,439%; dan yang terakhir adalah ukuran 41,125%. Kombinasi atribut yang menjadi preferensi konsumen adalah teh hijau dengan rasa original, cara penyajian celup, dan ukuran isi 10.

Full Text:

PDF

References


Fontana, A. (2011). Innovate We Can: Manajemen Inovasi Dan Penciptaan Nilai Individu, Organisasi, Masyarakat. Jakarta: Cipta Inovasi Sejahtera.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indarto, R. P. (2011). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Bundling Kartu GSM Dengan Smarthphone. Tesis Universitas Indonesia.

Istijanto. (2010). Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kelley, K., Hyde, J., & Bruwer, J. (2015). U.S. wine consumer preferences for bottle characteristecs, back label extrinsic cues and wine composition: A conjoint analysis. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics , 516.

Kerin, R. A., Hartley, S. W., & Rudelius, W. (2011). Marketing. New York: McGraw-Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635