EVALUASI GAYA KEPEMIMPINAN CEO DALAM MENCAPAI KESUKSESAN START-UP BUSINESS MAHASISWA DI UNIVERSITAS CIPUTRA

Michael Sugianto

Abstract


Setiap bisnis start-up membutuhkan seorang pemimpin untuk memimpin perusahaan mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan. Universitas Ciputra mengajarkan setiap mahasiswa untuk membuat bisnis start-up yang tidak lepas dari peran seorang pemimpin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan CEO yang dapat mendukung kesuksesan start-up business mahasiswa di Universitas Ciputra. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan adalah dosen fasilitator, CEO dan anggota dari bisnis di Universitas Ciputra. Objek penelitian yang digunakan adalah bisnis start-up di Universitas Ciputra angkatan 2013. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara semi-terstruktur terhadap bisnis start-up yang sukses dan gagal. Hasil dari penelitian ini adalah gaya kepemimpinan berdasarkan sampel yang digunakan menghasilkan temuan bahwa CEO start-up business condong memiliki karakteristik gaya kepemimpinan autentik dan diri sendiri, sedangkan gaya kepemimpinan CEO yang dapat mendukung kesuksesan start-upbusiness mahasiswa di Universitas Ciputra yaitu gaya kepemimpinan autentik.

Full Text:

PDF

References


Bennett, R. 2016. Factors Contributing To The Early Failure Of Small New Charity Start-Ups. Journal of Small Business and Enterprise Development. Vol 23: 333-348.

Gambetti & Biraghi. 2015. The CCO: Appointed or Organic Leader? The Rise Of Conversational Leadership. Corporate Communications: An International Journal. Vol 20: 415-430.

Hayuningtyas & Helmi. 2015. Peran Kepemimpinan Otentik terhadap Work Engagement Dosen dengan Efikasi Diri sebagai Mediator. GADJAH MADA JOURNAL OF PSYCHOLOGY, Vol 1, NO. 3, SEPTEMBER 2015: 167 – 179

Hendrata, R. 2012. Mama, Papa, Izinkan Aku Sukses, Kaya, Bahagia. Jakarta: PT. Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635