PENERAPAN STRATEGI BERSAING PADA PERUSAHAAN KELUARGA UD SURYA PLASTIK

Angelica Nataya

Abstract


Pertumbuhan finansial perusahaan keluarga di Indonesia yang mengalami peningkatan tidak terlepas dari pesaing usaha yang merupakan tantangan terbesar bagi perusahaan keluarga di Indonesia. UD Surya Plastik adalah perusahaan keluarga yang bergerak di industri terpal plastik dengan produk utamanya adalah terpal. Perusahaan menyadari munculnya pesaing dan pendatang baru dengan bisnis sejenis menjadi tantangan bagi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran penerapan strategi bersaing yang dilakukan oleh UD Surya Plastik agar lebih unggul di antara pesaing di industri terpal plastik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi deskriptif dikombinasikan dengan grounded research. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap tiga informan dari UD Surya Plastik dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah munculnya pesaing berdampak positif terhadap perusahaan dengan mendorong munculnya strategi bersaing yang inovatif. Perusahaan keluarga menerapkan strategi budaya organisasi yang menunjukkan etika kejujuran untuk memperoleh kepercayaan konsumen dan strategi diferensiasi produk Porter untuk memiliki produk dengan daya saing tersendiri yang tidak dimiliki pesaing. Strategi bersaing tersebut memberikan perusahaan keluarga pemasaran yang baik, konsumen yang setia, dan tingkat penjualan yang baik bagi perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Amellia, S., & Praptiningsih, M. 2013. Pengelolaan dan Pengembangan Usaha Plastik pada Perusahaan Keluarga PT. Politama Pakindo di Semarang (Pada Aspek Sumber Daya Manusia). Agora, 1(1). Bungin, B. 2013. METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL DAN EKONOMI: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran. Jakarta: Prenadamedia Group. Creswell, John W. 2016. RESEARCH DESIGN: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Edisi ke 4. Diterjemahkan oleh: Fawaid dan Pancasari. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. David, Fred R. 2011. Strategic Management: Concepts and Cases. Edisi ke 13. New Jersey: Prentice Hall. Girsang, F. 2013. Hubungan Melalui Facebook yang Dialami Mahasiswa USU dalam Perspektif Fenomenologi. FLOW, 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635