Strategi Penentuan Harga Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Sumber LEDU

Fawwaz Alamudi

Abstract


Tingkat pertumbuhan konsumsi ikan di Indonesia semakin meningkat. Salah satu ikan yang diminati oleh masyarakat Indonesia adalah ikan lele. Ikan lele merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki nilai gizi yang tinggi. Tingkat permintaan ikan lele di Indonesia sangatlah besar. Dikarenakan tingginya permintaan terhadap ikan lele ini, penelitian ini dibuat untuk usaha bernama sumber LEDU pada tahun 2013. Sejak pertama kali membuka bisnis ini, penjualan sumber LEDU naik turun dan relatif tidak stabil. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu perusahaan Sumber LEDU untuk menemukan strategi penetapan harga yang tepat untuk meningkatkan penjualan ikan lele Sumber LEDU . Menurut Brian (2011) ada beberapa strategi yang dapat digunakan antara lain: Skimming Pricing, Penetration Pricing, Psycological Pricing, Destruction Pricing, Price War. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Narasumber penelitian ini adalah tiga (3) konsumen, tiga (3) pesaing, satu (1) ahli budidaya ikan lele, dan satu (1) ahli dalam bidang strategi penetapan harga. Data diambil dari wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap nara sumber tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah Sumber LEDU akan menggunakan kombinasi antara penetrasi harga dan rata – rata industri untuk menetapkan strategi penetapan harga. Diharapkan dengan menggunakan kombinasi antara strategi penetrasi harga dan rata – rata industri, maka hasil penjualan pada perusahaan sumber LEDU akan meningkat dan akan stabil di masa yang akan datang.

Full Text:

PDF

References


Arianty N.(2014), Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan Sepeda Motor Yamaha Mio Pada PT. Alfa Scorpii Sentral Yamaha, Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Vol.14 No.1

Badan Pusat Statistik Indonesia (2014), Peningkatan Jumlah Penduduk Tiap Provinsi Pada Tahun 1971,1980,1990,1995,2000,2010, (http://bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1267)

Badan Pusat Statistik Indonesia (2014), Rata – Rata Pengeluaran Per Kapita Sebulan Menurut Kelompok Barang (Rupiah) 1998 – 2012, (http://bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/965)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635