PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PEMAHAMAN PENGANTAR AKUNTANSI MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI UNIVERSITAS CIPUTRA

Tan Kevin Albion Kurniawan

Abstract


Sebuah pembelajaran membutuhkan kecerdasan dari masing-masing mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Ciputra. Salah satu kecerdasan yang wajib dimiliki oleh mahasiswa adalah kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap pemahaman pengantar akuntansi mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Ciputra.Variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengenalan diri, mengelola emosi, motivasi diri, empati, dan penanganan hubungan sebagai variabel bebas, dan pemahaman pengantar akuntansi, sebagai variabel terikat. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif untuk mendapatkan data tentang pemahaman pengantar akuntansi. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 87 mahasiswa Program Studi Akuntansi angkatan 2013, 2014, 2015 Universitas Ciputra yang sudah mengikuti pengantar akuntansi. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner yang disebarkan melalui google forms, dan data sekunder berupa data mahasiswa Program Studi Akuntansi Ciputra angkatan 2013, 2014 dan 2015. Analisis data menggunakan uji statistik, uji regersi berganda, uji asumsi klastik, dan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan diri, mengelola emosi, empati, dan penanganan hubungan memiliki pengaruh terhadap pemahaman pengantar akuntansi. Motivasi diri tidak memiliki pengaruh terhadap pemahaman pengantar akuntansi.

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, A. 2016. Jurusmaut mengatasi Kerewelan Anak. Jakarta: Thulis Media.

Bungin, H. M. B. 2015. Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi: Format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Persamaan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Penerbit Universitas Diponogoro.

Ghozali, I. 2011.Ekonometrika Teori Konsepp dan Aplikasi dnengan SPSS 17. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Kristaung, R., dan Ausgustine, Y. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis dan Akuntansi. Jakarta: Dian Rakyat.

Kuncoro, M. 2013. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi Bagaimana Meneliti dan Menulis tesis Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635