MOTIF YANG MENDASARI PEGAWAI MENERAPKAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA PERUSAHAAN HARMONY MEUBEL

Imanuel Leonardo Pandelaki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja motif yang mendasari pegawai menerapkan Organizational Citizenship Behavior (OCB). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Objek yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaa Harmony Meubel. Peneliti memilih narasumber pegawai Harmony dan expert OCB dari kalangan akademisi sebagai sumber data. Pemilihan narasumber pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan memilih pegawai yang bekerja dengan lama kerja lebih dari lima tahun. Data primer yang diambil penulis berdasarkan hasil wawancara dengan teknik mendalam dan dokumentasi. Data sekunder yang diambil adalah data referensi buku, jurnal, dan internet yang dapat mendukung penelitian ini. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber yaitu pada pegawai Harmony yang berbeda divisi dan jabatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motif yang mendasari pegawai menerapkan OCB pada Harmony Meubel yang paling dominan adalah motif berprestasi yang ditunjukkan dengan adanya kepuasan hati saat memenuhi target penjualan, rasa tanggung jawab membimbing rekan kerja yang baru dan memiliki pemikiran kreatif untuk mendukung tanggung jawab pribadi kepada perusahaan. Selain itu, beberapa narasumber mewakili pegawai Harmony juga memiliki motif afiliasi yang mendasari penerapan OCB pada Harmony Meubel yang ditunjukkan dengan adanya rasa kekeluargaan untuk memenuhi tanggung jawab bersama, rasa memiliki dan hubungan baik antar pegawai maupun antara pegawai dengan perusahaan. Kata kunci: organizational citizenship behavior, motif berprestasi, motif afiliasi.

Full Text:

PDF

References


Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Darmayanti, N., Bagia, I., & Suwendra, I. (2014). Pengaruh Kompetensi Intelektual dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Pegawai pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kabupaten Gianyar. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen (Volume 2 Tahun 2014).

Hasibuan, M. S. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Lemmon, G., & Wayne, S. (2015). Underlying Motives of Organizational Citizenship Behavior: Comparing Egoistic and Altruistic Motivations. Journal of Leadership & Organizational Studies Vol. 22, No. 2.

Organ, D., Podsakoff, P. M., & MacKenzie, S. P. (2006). Organizational Citizenship Behavior: It's Nature, Antecedents and Consequences. London: Sage Publications.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635