Pengaruh Prevention, Promotion Focus, dan Online Consumer Reviews Terhadap Purchase Intention Traveloka

  • Dani Junaedi Santoso Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh psikologi karakteristik manusia terhadap suatu minat pembelian pada jasa agen travel online seperti Traveloka di Surabaya. Dimana dibutuhkan 210 responden yang memiliki karakteristik seperti berumur 17 tahun keatas, memiliki Kartu Tanda Penduduk, dan memakai aplikasi Traveloka. Kuesioner yang telah dapat diolah sebanyak 214 kuesioner. Variabel pada penelitian ini memakai variabel dari regulatory focus theory yaitu, prevention focus dan promotion focus, serta memakai variabel online consumer reviews. Dimana ketiga variabel bebas tersebut akan diuji apakah memiliki hubungan dan pengaruh terhadap purchase intention. Indikator pada variabel prevention focus sebanyak 3 indikator, promotion focus sebanyak 4 indikator, online consumer reviews sebanyak 10 indikator, dan purchase intention memiliki 4 indikator. Pada hubungan prevention focus terhadap purchase intention, dihasilkan bahwa tidak berpengaruh positif dan signifikan (nilai sig=0,051). Berbeda dengan variabel promotion focus yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention (nilai sig=0,005). Hal ini juga berlaku pada hubungan online consumer reviews terhadap purchase intention, dimana hasil yang didapatkan adalah berpengaruh positif dan signifikan (nilai sig=0,000).
Published
2022-09-22
Section
Articles