PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP TERCIPTANYA WORD OF MOUTH PADA PELANGGAN UNICO MART

Muhammad Firdaus Syahrul Huda

Abstract


Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Diferensiasi Produk yang terdiri dari bentuk, mutu kinerja, gaya, dan keandalan secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap word of mouth pada perusahaan UnicoMart.Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari, Uji T, Uji F, Uji R dan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan 100 sampel yang di ambil dari konsumen UnicoMart. Cara yang digunakan dalam teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik perhitungan unknown population. Variabel independent pada penelitian ini adalah bentuk, mutu kinerja, gaya, keandalan dan word of mouth sebagai variabel terikat nya. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS untuk menguji hipotesis. Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh hasil bahwa bentuk (X1), mutu kinerja (X2), keandalan (X3), dan gaya (X4) berpengaruh signifikan terhadap word of mouth (Y) dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,569. Melalui uji F dapat diketahui bahwa seluruh variabel independen berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen dengan nilai Fhitung sebesar 31,416 dengan tingakt signifikan sebesar 0,000. Pengujian hipotesis menggunakan uji T menunjukkan bahwa dari kelima variabel independen terbukti secara signifikan berpengaruh terhadap variabel dependen dengan nilai Thitung dari masing-masing variabel yaitu bentuk (X1) dengan nilai Thitung sebesar 2,080, mutu kinerja (X2) dengan nilai Thitung sebesar 6,078, keandalan(X3) dengan nilai Thitung sebesar 5,898, dan gaya (X4) dengan nilai Thitung sebesar 2,104.

Full Text:

PDF

References


Apriyono, A. (2013). Analisis Overreaction Pada Saham Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2005-2009. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen,2(2).

Dewanti, R., Puspokusumo, A., & RESTI, K. (2011). Analisis Karakteristik Produk Dan Kebutuhan Variasi Produk Dalam Mempengaruhi Perpindahan Merek Air Mineral Vit (Studi Kasus: Konsumen VIT Ukuran Galon di Jakarta Barat). Seminar Nasional Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis. ISSN No. 2089-1040. Dewi, I. A. G. B. P., & Indrawati, K. R. (2014). Perilaku Mencatat dan Kemampuan Memori pada Proses Belajar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(02). Gampu, A. N., Kawet, L., & Uhing, Y. (2015). Analisis Motivasi, Persepsi, Dan Pengetahuan Terhadap Keputusan Nasabah Memilih PT. Bank Sulutgo Cabang Utama Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3).

Hidayati, H. A. (2013). Faktor-Faktor yang Membentuk Komunikasi Word of Mouth dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Ketan Legenda Batu). Jurnal Administrasi Bisnis, 6(1).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635