PENGARUH DESAIN KEMASAN, CITA RASA, DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BUMI ANUGERAH

Tommy Kurniawan Njoto

Abstract


Bumi Anugerah perlu meneliti keputusan pembelian konsumen dan hal-hal yang mempengaruhinya untuk mengatasi hambatan dalam perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh desain kemasan, cita rasa, dan variasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen Bumi Anugerah. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 orang dengan kriteria adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian lebih dari satu kali selama periode April sampai dengan Oktober 2015. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan riset perpustakaan, sedangkan pengambiulan sampel menggunakan random sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara variabel desain kemasan, cita rasa, dan variasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen Bumi Anugerah. Regresi linear berganda melalui data SPSS menunjukkan bahwa desain kemasan, cita rasa, dan variasi produk berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini digunakan untuk memperbaiki performa perusahaan terutama dalam desain kemasan, cita rasa, variasi produk sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen.

Full Text:

PDF

References


Ali, W., & Listiyorini. (2013). Pengaruh Keragaman Menu, Kualitas Produk, Citra Merek dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal of Social and Politic , 1-9.

Christy, P., & Ellyawati. (2015). Pengaruh Desain Kemasan pada Impulsive Buying. e-journal.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2011). Marketing. New Jersey: Pearson Education.

Mutoharoh, Hasiolan, L. B., & Minarsih, M. M. (2015). Pengaruh Iklan Televisi, Kualitas Produk dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Sabun Kesehatan “Dettol”. Journal of Management.

Neuman, L. (2013). Metode Penelitian Sosial: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta Barat: PT Indeks.

Putra, A. P. (2014). Pengaruh Kemasan Produk Makanan Ringan Merek Oishi “Pillows” Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sari, D. Y. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Reputasi Perusahaan, Atribut Produk, Dan Cita Rasa terhadap Minat Beli Ulang Konsumen. Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa.

Shimp. (2011). Advertising Proportion and Other Aspect of Integrated Marketing Communication. Canada: Cengange Learning.

Siregar, S. (2011). Statistika Deskriptif untuk Penelitian: Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Version 17. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635