PENENTUAN SEGMENTING, TARGETING, DAN POSITIONING UNTUK PROJEK INDOTASTE

Andrian Gunarso Leliga, Charly Hongdiyanto

Abstract


Indotaste merupakan perusahaan yang bergerak di bidang frozen food. Indotaste memiliki lokasi di daerah Surabaya barat. Produk yang dijual oleh Indotaste adalah Ayam Goreng Kalasan Frozen. Indotaste memiliki tagline “The Real Indonesian Taste” karena memiliki keunggulan dari segi rasanya. Permasalahan yang dialami oleh Indotaste adalah penjualan yang tidak memuaskan dan juga banyak konsumen yang tidak melakukan repeat order. Peneliti melihat bahwa ada yang salah dalam penentuan segmenting, targeting, positioning yang diterapkan Indotaste selama ini. Dikarenakan masalah tersebut maka peneliti ingin melakukan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui segmenting, targeting, positioning yang tepat untuk projek Indotaste ini diharapkan dengan melakukan penelitian ini maka penjualan Indotaste bisa membaik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis segmenting, targeting, positioning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmenting, targeting, positioning yang sesuai dengan projek Indotaste adalah konsumen yang berumur 21 tahun ke atas. Wilayah yang dijangkau adalah Surabaya. Target yang di sasar adalah anak kuliahan dan ibu rumah tangga. Serta orang yang memiliki penghasilan 2 hingga 6 juta rupiah perbulan. Positioning yang didapat dari hasil analisis wawancara terhadap konsumen Indotaste adalah segi rasa dari produk Indotaste sangat enak dan khas.

Full Text:

PDF

References


Bungin. 2013. Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Euromonitor. 2015. Frozen Processed Food in Indonesia. Diakses pada: 20 April 2016.

Hasan, A. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Ibnu Hajar et al. 2014. Segmentation, Targeting, Positioning and Strategy of Radio Company in Kendari, Southeast Sulawesi. International Journal of Humanities and Social Science Invention.

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Iskandar, Joni. 2015. Analisa Penerapan Segmenting, Targeting, dan Positioning Terhadap Strategi Pemasaran

Kartajaya, Hermawan. 2011. Markplus On Strategy. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Kartajaya, Hermawan. 2013. Marketing with Heart. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Kementrian Keuangan Indonesia 2015. Pendapatan Kelas Menengah. Diakses 22 April 2016.

Kerin, Roger A. dkk. 2013. Marketing. 11st Edition. New-York: McGraw-Hill Companies.

Lovell, Richard. 2011. Product Attributrs and Consumer’s Re-purchase Decision on Frozen Ready to Eat Meals: a Study on Consumers in Selected Hypermarkets in Bangkok.

Moleong, J.L. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda karya.

Muhammad Amzad et al. 2013. Marketing Strategies For Tourism Industry In Bangladesh: Emphasize on Niche Market Strategy For Attracting Foreign in Bangladesh.

Oentoro, Deliyanti. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Setyaningrum Ari, Udaya Jusuf & Efendi. (2015). Prinsip-prinsip Pemasaran.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635