EVALUASI VALUE PROPOSITION PERUSAHAAN CONRESCA

Justin Wijaya, liliani liliani

Abstract


Conresca adalah sebuah perusahaan yang bergerak di industri properti, dan sudah berdiri sejak Februari 2013. Value proposition Conresca saat ini adalah menyediakan bangunan modified container guna memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Setelah berjalan beberapa tahun, ternyata cukup banyak produk modified container yang tidak berhasil terjual. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dilakukan evaluasi terhadap value propisition Conresca dengan melakukan customer profiling pada konsumen Conresca agar mengetahui kebutuhan, kendala dan harapan dari para konsumen. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan wawancara semi-terstruktur. Informan dari penelitian ini adalah konsumen Conresca agar peneliti dapat melakukan customer profiling, internal perusahaan Conresca agar peneliti dapat mengetahui perspektif value proposition yang sudah dijalankan, dan pemilik dari perusahaan sejenis agar dapat mengetahui hal-hal yang diaplikasikan pada Perusahaan Conresca. Berdasarkan customer profiling yang telah dilakukan, kebutuhan konsumen adalah menggunakan container sebagai alternatif pemenuh kebutuhan properti. Kendala konsumen adalah kesusahan dalam melakukan desain dan keterbatasan pengetahuan akan produk. Harapan dari konsumen adalah adanya pelayanan full service dari awal hingga selesai dan after sales seperti perbaikan berkala. Perusahaan Conresca dapat mempertimbangkan menggunakan checklist untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan hal-hal yang perlu dievaluasi, Conresca juga dapat melakukan penanaman product knowledge secara online dari instagram dan tidak menunggu konsumen yang mengejar Conresca, tetapi internal Conresca yang harus lebih aktif melakukan follow up setiap jangka waktu tertentu.

Full Text:

PDF

References


Bonazzi, F.L.Z., & M.A. Zilber (2014). Innovation and Business Model : a case Study about integration of Innovation Funnel and Business Model Canvas. Review of Business Management. Daymon, Christine. (2008). Qualitative Research Methods in Public Relations and Marketing Communications. London: Routledge Taylor & Francis Publisher Group Flaherty, Margaret dan Ann Rappaport. (2015). “Sustainability and Industry Trade Associations: An Evolving Value Proposition”. Agents of Change Journal. Heinonen et.al (2013). Customer dominant value formation in service. European Business Review. Indah, Dewi. (2013). ‘Analisa Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan’. Business Accounting Review. Jelajahinternet.com. (2015). 101 Tujuan, Fungsi, Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli Dan Prosesnya. http://www.jelajahinternet.com/2015/10/101-tujuan-fungsi-pengertian-evaluasi.html Martono, Nanang. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT. Rajagrafindo Perkasa Moleong, Lexy. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya Osterwalder, A. dan Yves Pigneur. (2010). Business Model Generation. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc. Osterwalder, A., et al., (2014). Value Proposition Design. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc Pramudita, Y. A., Japarianto, E. (2013). Analisa Pengaruh Customer Value dan Customer Experience terhadap Customer Satisfaction di De Kasteel Resto Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. Purwanto. (2013). Metodologi untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinas (Mied Methods), Penelitian Tindakan Suharto, Eko. (2011). Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dalam Metode Penelitian. Jurnal Magistra


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635