Pengaruh Produk, Harga, Tempat, Proses dan Orang Dalam Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelangan Mustep.id

  • Kurniawan Setya Budhy Universitas Ciputra
  • Helena Sidharta

Abstract

Mustep.id merupakan bisnis yang bergerak dibidang makanan dan minuman khususnya kopi. Idebisnis Mustep.id berawal dari tren kopi yang ramai dikalangan masyarakat Indonesia, berangkat dari ide tersebutlalu dikembangkan menjadi kedai kopi modern yang mengusung konsep industrial jepang yang nyaman untukpertemuan formal dan non-formal serta tidak hanya menjual produk olahan kopi. Untuk mengamati fenomenapenelitian maka dilakukan kegiatan pra survei penelitian. Kegiatan pra survei dilakukan dengan cara kegiatanwawancara langsung kepada beberapa rekan kerja dan pelanggan untuk mengetahui masalah apa yang terdapatdidalam masyarakat atau pasar sehingga dapatlah masalah seperti kualitas produk, tempat, harga, pelayanan,prosedur/aturan/tata kerama dalam sebuah bisnis menjadi sebuah tolak ukur calon pelanggan untuk berkunjungatau menjadi pelanggan tetap sebuah kedai kopi atau kafe. Berdasarkan hasil pra-survei yang dilakukan tidakada yang melihat variabel promosi dan bukti fisik sebagai indikator/variabel maka peneliti memutuskan untukmeneliti 5P. Metode ini juga banyak digunakan untuk bisnis start-up atau korporat sehingga sangatmemungkinkan untuk diterapkan pada Mustep.id. Dalam penelitian ini diamati bagaimana pengaruh produk,harga, tempat, proses, dan orang terhadap kepuasan pelanggan. Data penelitian diperoleh dari penyebarankuesioner kepada responden penelitian sebanyak 110 responden. Data yang diperoleh diolah menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tempat dan produk tidak berpengaruhterhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga, proses, dan orang berpengaruhsignifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Published
2022-08-04
Section
Articles