PENGARUH SERVICE SUPPORT DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN B2B PANEN RAYA FARM YANG DIMEDIASI OLEH KOMITMEN PELANGGAN

  • Olivia Michelle Chandra

Abstract

Tingginya permintaan telur ayam ras di Kabupaten Karanganyar menimbulkan  persaingan antara sesama pengusaha peternakan ayam petelur dan memaksa para pelaku usaha  meningkatkan kualitasnya. Persaingan kualitas layanan dan hubungan pemasaran tidak dapat dihindari  peternak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dukungan layanan dan  hubungan pemasaran terhadap loyalitas pelanggan B2B Panen Raya Farm yang dimediasi oleh  komitmen pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif untuk membuktikan  hipotesis penelitian. Pelanggan Panen Raya Farm merupakan populasi pada penelitian ini,  dengan jumlah sampel 55 responden dan menggunakan teknik pengambilan sampel non  probability sampling. Prosedur pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan skala  pengukuran yang digunakan adalah skala likert. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah dapat  mempertimbangkan untuk meneliti beberapa variabel lain yang juga dapat memberikan  pengaruh terhadap loyalitas pelanggan.  Kata kunci: customer loyalty, commitment, relationship marketing, trust.
Published
2021-03-31
Section
Articles