PENENTUAN STRATEGI PROMOSI PADA USAHA BAKSO PEPO

Kevin Wahyu Mujiono Halim

Abstract


Penelitian yang berjudul “ Penentuan Strategi Promosi Pada Usaha Bakso PEPO” ini bertujuan untuk menentukan strategi promosi pada usaha Bakso PEPO. Latar belakang dari penelitian ini adalah pendapatan yang di peroleh Bakso PEPO tidak stabil sehingga memerlukan strategi promosi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sampel yang digunakan menggunakan metode purposive sampling. Subjek penelitian yang digunakan terdiri 6 orang, yang dibagi menjadi 3 macam informan yang dipilih, yaitu kompetitor dari Bakso PEPO, konsumen dari Bakso PEPO, dan ekspert dalam bidang marketing. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara semi terstruktur kepada 3 macam informan yang dipilih. Penelitian ini menggunakan traingulasi sumber untuk mengecek keabsahan data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data menurut Miles and Huberman. Metode analisis data ini terbagi menjadi 3 tahapan dalam menganalisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa promosi iklan media cetak hanya terbatas penggunaannya untuk jangka pendek. Media iklan online yang digunakan oleh Bakso PEPO terbukti kurang efektif untuk menarik perhatian konsumen baru. Bakso PEPO hanya mengikuti pameran-pameran berskala kecil yang kurang bergengsi. Bakso PEPO tidak menggunakan media hubungan masyarakat untuk menarik perhatian konsumen melakukan pembelian Bakso PEPO. Promosi penjualan ternyata hanya berdampak dalam jangka pendek. Bakso PEPO hanya menggunakan saluran WOM konsumen untuk mencapai konsumen baru. Selain itu, Bakso PEPO juga tidak memiliki stand, akan tetapi menggunakan saluran pemasaran langsung, yaitu personal selling dan broadcast melalui BBM. Strategi promosi yang sebaiknya dilakukan oleh Bakso PEPO adalah pameran, penjualan personal, dan word of mouth (WOM).

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, R. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

BPS (2014). Rata-rata pengeluaran per kapita makanan provinsi Jawa Timur tahun 2011- 2013. (http://bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/942)

Bungin, B. 2013. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

David, F. R. (2011). Manajemen Strategis. jakarta: Salemba Empat.

Hult G.T.M., Pride W.M., & Ferrel O.C. (2012). Marketing. Canada: Cengage Learning.

Kotler P., & Amstrong G. (2012). Principle of Marketing. New Jersey: Pearson.

Kotler P., & Keller L. (2012). Marketing Management (14E). New Jersey: Pearson.

Pearce A.J., & Robinson B.R. (2013). Manajemen Strategis. Jakarta: Salemba Empat.

Sangadji, S. (2010). Metodologi Penelitian: penedekatan praktis dalam penelitian.

Tjiptono F., & Chandra G. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635