PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PRODUK MEREK “KEEKHO

  • Febby A. Sijoatmodjo

Abstract

Industri fashion dan teknologi akan selalu berkembang dengan seiringnya berjalannya waktu, baik fashion akan selalu berubah sesuai dengan tren dan teknologi yang semakin canggih. Namun dimana fashion dan teknologi bertemu maka akan munculah sebuah aktivitas ekonomi yaitu dapat dilihat dengan banyak sekali bisnis-bisnis terutama di industri fashion yang mulai melakukan aktivitas transaksi penjualannya melalui media sosial. Salah satu aktivitas marketing yang dilakukan untuk menaikkan penjualan di dalam media sosial adalah dengan menggunakan celebrity endorsement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorsement terhadap purchase intention dengan brand awareness sebagai mediasi pada produk fashion merek “KEEKHO”. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif sebagai metode penelitian dengan menyebarkan 80 kuesioner digital kepada responden yang memenuhi kriteria yang merupakan pelanggan dari Keekho dan yang pernah melihat iklan celebrity endorsement dari Keekho. Pengukuran indikator dalam penelitian ini menggunakan skala Likert. Analisa dalam penelitian ini menggunakan software PLS. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa tidak adanya pengaruh antara celebrity endorsement terhadap purchase intention dengan nilai t-statistics (>1,96) 0.457. Adanya pengaruh antara celebrity endorsement terhadap brand awareness dengan nilai tstatistics (>1,96) 6.753, dan adanya pengaruh antara brand awareness terhadap purchase intention dengan nilai t-statistics (>1,96) 3.050. Hasil uji mediasi menggunakan sobel test adalah (>1,96) 4.52 juga menunjukkan bahwa adanya pengaruh mediasi variabel brand awareness terhadap celebrity endorsement dan purchase intention.    Kata kunci: Celebrity Endorsement, Brand Awareness, Purchase Intention, Fesyen
Published
2021-03-31
Section
Articles