PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH PADA CV. INTERHOUSE DESIGN

Danny Harjanto

Abstract


Pada produk perumahan, konsumen akan menilai penawaran pembelian bukan hanya atas fasilitas dan kualitas produk saja, tetapi juga dengan mempertimbangkan faktor – faktor lainnya seperti lokasi dan harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian rumah. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus Slovin didapatkan sampel sebanyak 80 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, sedangkan pengujian hipotesisnya menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian rumah. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji t menunjukkan harga memiliki nilai t hitung sebesar 7,360 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Hal ini berarti harga memiliki kontribusi yang penting dalam menentukan konsumen dalam membeli rumah. Lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian rumah. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji t menunjukkan bahwa lokasi memiliki nilai t hitung sebesar 3,845 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Hal ini berarti lokasi memiliki kontribusi yang penting dalam menentukan konsumen dalam membeli rumah.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV. Alfabeta: Bandung.

Cannon, Joseph P., Perreault, William D., McCarthy, Jerome. 2012. Pemasaran Dasar: Pendekatan Manajerial Global. Jakarta: Salemba Empat.

Dengah, Stefandy., Rumate, Vecky., Niode, Audie. 2013. Analisis Pengaruh Pendapatan Perkapita Dan Jumlah Penduduk Terhadap Permintaan Perumahan Kota Manado Tahun 2003-2012. Junal Berkala Ilmiah Efieiensi, Vol. 14 (3), pp.71-81.

Haryanto, Edy. 2013. Kualitas Layanan, Fasilitas Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Layanan Pada Kantor Samsat Manado. Jurnal EMBA, Vol.1 (3), Hal. 750-760.

Pembelian Motor Honda Matic Beat (Studi Kasus Pada PT. Nusantara Solar Sakti). Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi. Vol. 2 (3), pp.260-277.

Rizky, Muhammad, F., Yasin, Hanifa. 2014. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 14, No. 2 Oktober 2014.

Tresnanda, Dick, A., Arifin, Zainul., Sunarti. 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Rumah (Survei pada Konsumen Perumahan BluKid Residence Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 8 (1).

Wardhani, Widya., Sumarwan, Ujang., Yuliati, Lilik, N. 2015. Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Hunian Green Product. Jurnal Mnajemen dan Organisasi. Vol. 6 (1), pp.46-63.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635