ANALISIS KEGIATAN PROMOSI PADA PRODUK SIRSAKOE

Andhika Kevin Ang

Abstract


Analisis kegiatan promosi produk sirsaKOE dilakukan untuk mengetahui kegiatan promosi mana yang paling tepat untuk produk sirsaKOE.Tujuan dari penelitianiniadalah untuk menganalisis kegiatan promosi dari produk sirsaKOE. Dari hasil penelitian ini diharapkan peneliti dapat mengetahui kegiatan promosi yang tepat bagi target market Starindo Healthy Group. Kegiatan promosi merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh sebuah perusahaan atau pemasar. Hal ini dikarenakan promosi memiliki peran yang besar dalam mengenalkan suatu produk kepada pangsa pasar yang dituju. Sehingga, pasar dapat mengetahui informasi tentang produk yang dijual dengan lebih baik.Subyek pada penelitian ini mengacu pada empat informan dengan latar belakang yang berbeda, yaitu pakar dalam bidang promosi, anggota internal Starindo Healthy Group, konsumen orang tua yang memiliki banyak jaringan kesehatan, dan perusahaan sejenis. Obyek dalam penelitian ini adalah kegiatan promosi produk “sirsaKOE” yang dilakukan oleh perusahaan Starindo Healthy Group.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan analisis deskriptif. Data dari para narasumber akan diperoleh melalui hasil wawancara semi terstruktur, kemudian data yang terkait langsung dengan Starindo Healthy Group akan dikumpulkan dengan teknik dokumentasi.Menurut hasil analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti, hasil dari penelitian ini adalah kegiatan promosi yang telah dilakukan oleh perusahaan Starindo Healthy Group terhadap produk sirsaKOE masih kurang efektif, karena tidak sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan oleh perusahaan Starindo Healthy Group yaitu orang tua yang sadar akan kesehatan. Sehingga kegiatan promosi yang telah dilakukan oleh perusahaan Starindo Healthy Group tidak memiliki dampak yang besar terhadap penjualan produk sirsaKOE. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti terhadap perusahaan adalah Kurangi fokus kegiatan promosi yang menggunakan cara Interactive marketing atau media sosial. Karena, pengguna media sosial mayoritas adalah anak muda, yang berarti tidak sesuai dengan target pasar yang dituju oleh perusahaan Starindo Healthy Group. Selanjutnya adalah untuk memperbanyak mengikuti pameran-pameran yang memiliki target pasar yang sama dengan Starindo Healthy Group. Tidak kalah pentingnya juga bagi Starindo Healthy Group untuk menggandeng instansi atau tempat-tempat yang berhubungan dengan kesehatan untuk berkerjasama dalam membuat paket-paket penjualan, serta melakukan kegiatan promosi berupa word of mouth di tempat-tempat klub kesehatan dan mengumpulkan testimoni dari khasiat yang dirasakan oleh konsumen setelah mengkonsumsi produk sirsaKOE.

Full Text:

PDF

References


Andrews, Demetra. 2015. Product information and consumer choice confidence in multi-item sales promotions. Journal of Retailing and Consumer Service, No. 28, pp. 45-53.

Byun, Jaemun dan Jang, SooCheong (Shawn). 2015. Effective promotions for membership subscriptions and renewals to tourist attractions: Discount vs. Bonus. Tourism Management, No. 50, pp. 194-203

Darsini, Ni Nyoman. Analisis Keanekaragaman jenis tumuhan obat tradisional berkhasiat untuk pengobatan penyakit saluran kencing di kecamatan kintamani, kabupaten bangli, profinsi Bali. Jurnal Bumi Lestari, Vol. 13, No. 1, pp. 159-165.

Grewal, D dan Levy, M. 2013. Marketing. New York :McGraw-Hill/Irwin.

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS

Hermawan, A. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, P. dan Keller, K.L. 2012. Marketing Management, 14th Edition. England: Pearson Education Limited

Kotler, P. dan Keller, K.L. 2012. Principle of Marketing, New Jersey: Prentice Hall

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Natalia, Priccila dan Mulyana, Mumuh. 2014. Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, Vol. 2, No. 14, pp. 119-128.

Penduduk Yang Memiliki Keluhan Kesehatan, 2010-2014. http://bps.go.id/

Riswandani, Yeni Tri Seri. 2013. Pengaruh Fasilitas, Biaya, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Daya Saing Jurnal Ekonomi Sumber Daya. Vol. 14, No. 2, pp. 88-89

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung. Alfabeta.

Wahana et al. 2014. Analisis Penerapan Social Media Sebagai Strategi Bisnis oleh Pelaku Bisnis Online. Jurnal Sisfotenika, Vol. 4, No. 2, pp. 85-94


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635